Sabtu, 16 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

CUACA BURUK
Selasa, 05 Desember 2017 10:27 WIB

Ratusan Kolam Ikan Petani di Bantul Ludes Tergerus Banjir


Warga masih semoat menelamatkan buah melonyang hanyutsaat banjir rendam persawahan di Jalan Parangtritis, Bantul, DI. Yogyakarta, Selasa (28/11/2017). (Desi Suryanto/JIBI/Solopos

Bisnisnews.id - Dampak banjir, para petani ikan air tawar di Bantul Yogyakata menngalami kerugian. tercatat sedikitnya 500 kolam ikan habis tergerus banjir.

Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Pulung Haryadi menyebutka, jumlahnya lebi dari 500 kolam. Kerugian masyaraat petani cukup besar dan akan terus dilakukan pendataan.

Banjir yang menggerus ratusan kolam ikan etani itu saat terhadi hujan deras disertai angin kencang karena cuaca ekstrim dampak badai Siklon Tropis Cempaka 28 November lalu. Masyarakat bkan hanya terkena banjir tapi juga tanah longsor dan pohon tumbang di ratusan titik.

Selain sektor pertanian, sektor perikanan juga terdampak terutama kolam-kolam ikan milik kelompok petani ikan yang tidak permanen. Bahkan nilai kerugian di sektor perikanan diperkirakan sebesar Rp1,8 miliar akibat 500an kolam rusak.

Jumlah kolam perikanan yang terdapat di Bantul lebih dari itu, hanya saja yang hanyut atau rusak itu kolam tidak permanen yang tidak diperkeras dengan semen melainkan memakai terpal di atas tanah.(Adhitio)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Kontroversi Yerusalem, 4 Warga Palestina Terbunuh

Bisnisnews.id - Empat orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka pada hari Jumat 15 Desember dalam bentrokan dengan pasukan Israel, saat puluhan ribu orang berdemonstrasi menentang pengakuan Washington terhadap Yerusalem . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Konflik Yerusalem Reda, AS Rencanakan Perdamaian Timur Tengah

Gedung Putih akan memperbarui upaya untuk mencapai kesepakatan damai Israel-Palestina, kata beberapa pejabat pada hari Jumat 15 Desember. Pejabat senior pemerintah mengatakan upaya untuk mendorong proses akan dihidupkan kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
AFRIKA SELATAN
ANC Pilih Pemimpin Gantikan Jacob Zuma

Bisnisnews.id - Kongres Nasional Afrika (ANC) di Afrika Selatan sedang bersiap untuk memilih pemimpin partai baru untuk menggantikan Presiden Jacob Zuma. Kandidat utamanya adalah wakil presiden saat ini, Cyril Ramaphosa, dan mantan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
PERU
Skandal Odebrecht: Presiden Kuczynski Hadapi Pemakzulan

Bisnisnews.id - Partai politik di Kongres Peru telah mengajukan sebuah mosi pemakzulan terhadap Presiden Pedro Pablo Kuczynski. Dia telah dituduh menerima pembayaran ilegal oleh perusahaan konstruksi Brasil, Odebrecht. Mosi yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
BENCANA ALAM
Badai Kai-Tak Sambangi Filipina, 3 Nelayan Hilang Puluhan Ribu Mengungsi

Bisnisnews.id - Puluhan ribu orang terdampar karena banjir dan tiga nelayan hilang Sabtu 16 Desember saat Badai Tropis Kai-Tak mengarah ke timur Filipina, kata beberapa pejabat. Badai Kai-Tak berhembus hingga 100 kilometer per . . .
Selengkapnya