Sabtu, 16 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Arena / Berita

IOC
Rabu, 06 Desember 2017 09:51 WIB

Doping Diatur Negara, Rusia Dilarang Ikuti Olimpiade 2018


Presiden IOC Thomas Bach dan Samuel Schmid, presiden komisi penyelidikan IOC (AFP)

Bisnisnews.id - Rusia pada Selasa 5 Desember dilarang mengikuti Pertandingan Musim Dingin 2018 oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) terkait program doping yang diatur oleh negara, namun atlet Rusia yang bersih akan diizinkan untuk ikut Olimpiade.

Sanksi tersebut merupakan yang terberat pernah diratifikasi oleh IOC karena kecurangan obat bius dan dijatuhkan hanya 65 hari menjelang Olimpiade di Pyeongchang, Korea Selatan.

Dalam mengumumkan keputusan tersebut, presiden IOC Thomas Bach menuduh Rusia melakukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap integritas Olimpiade dan olahraga.

Sebuah laporan eksplosif oleh World Anti-doping Agency (WADA) dan dua penyelidikan IOC berikutnya telah mengkonfirmasi bahwa atlet Rusia mengambil bagian dalam program kecurangan obat pada Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi.

Bukti yang ada menunjukkan bahwa skema tersebut melibatkan pejabat pemerintah senior, termasuk dari kementerian olahraga, dengan bantuan agen rahasia negara.

IOC juga melarang seumur hidup Wakil Perdana Menteri Rusia Vitaly Mutko, yang juga menteri olahraga selama Olimpiade Sochi.

Mutko saat ini adalah ketua panitia penyelenggara Piala Dunia 2018, dimana Rusia menjadi tuan rumah.

Tengah dilihat apakah badan sepak bola dunia FIFA mengizinkan skandal tersebut menodai Presiden Vladimir Putin untuk mempertahankan perannya Piala Dunia.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari AFP, FIFA mengatakan telah memperhatikan keputusan dari IOC namun tidak berdampak pada persiapan Rusia 2018. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Kontroversi Yerusalem, 4 Warga Palestina Terbunuh

Bisnisnews.id - Empat orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka pada hari Jumat 15 Desember dalam bentrokan dengan pasukan Israel, saat puluhan ribu orang berdemonstrasi menentang pengakuan Washington terhadap Yerusalem . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Konflik Yerusalem Reda, AS Rencanakan Perdamaian Timur Tengah

Gedung Putih akan memperbarui upaya untuk mencapai kesepakatan damai Israel-Palestina, kata beberapa pejabat pada hari Jumat 15 Desember. Pejabat senior pemerintah mengatakan upaya untuk mendorong proses akan dihidupkan kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
AFRIKA SELATAN
ANC Pilih Pemimpin Gantikan Jacob Zuma

Bisnisnews.id - Kongres Nasional Afrika (ANC) di Afrika Selatan sedang bersiap untuk memilih pemimpin partai baru untuk menggantikan Presiden Jacob Zuma. Kandidat utamanya adalah wakil presiden saat ini, Cyril Ramaphosa, dan mantan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
PERU
Skandal Odebrecht: Presiden Kuczynski Hadapi Pemakzulan

Bisnisnews.id - Partai politik di Kongres Peru telah mengajukan sebuah mosi pemakzulan terhadap Presiden Pedro Pablo Kuczynski. Dia telah dituduh menerima pembayaran ilegal oleh perusahaan konstruksi Brasil, Odebrecht. Mosi yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
BENCANA ALAM
Badai Kai-Tak Sambangi Filipina, 3 Nelayan Hilang Puluhan Ribu Mengungsi

Bisnisnews.id - Puluhan ribu orang terdampar karena banjir dan tiga nelayan hilang Sabtu 16 Desember saat Badai Tropis Kai-Tak mengarah ke timur Filipina, kata beberapa pejabat. Badai Kai-Tak berhembus hingga 100 kilometer per . . .
Selengkapnya