Sabtu, 16 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

KORUPSI SAUDI
Rabu, 06 Desember 2017 10:14 WIB

Gerakan Anti Korupsi, Koruptor Ajukan Pengampunan


Hotel Ritz Carlton di Riyadh yang menampung sejumlah tahanan karena korupsi (BBC)

Bisnisnews.id - Sebagian besar dari mereka yang ditahan dalam upaya anti-korupsi di Arab Saudi telah menyetujui penyelesaian dengan pihak berwenang dengan imbalan pengampunan, jaksa agung mengatakan.

Tokoh terkemuka, termasuk pangeran, menteri dan pebisnis, ditahan pada bulan lalu.

Sebuah pernyataan mengatakan bahwa 320 orang telah dipanggil untuk diinterogasi sementara 159 saat ini ditahan.

Mereka yang menolak tuduhan tersebut atau menolak ditahan menghadapi tuntutan.

Nama-nama mereka yang ditahan masih belum diumumkan, namun minggu lalu Pangeran Miteb bin Abdullah, yang pernah dipandang sebagai pesaing takhta, dibebaskan setelah menyetujui sebuah penyelesaian yang dapat diterima dengan pihak berwenang senilai lebih dari 1 miliar dolar.

Sifat dakwaan tetap tidak jelas namun pernyataan jaksa agung mengatakan prosedur yang diterapkan secara internasional telah diikuti. Tahanan telah ditahan di sebuah hotel mewah di ibukota Riyadh.

Pangeran Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman telah menolak analis yang mengatakan bahwa kampanye anti-korupsi adalah pemalsuan kekuasaan.

Pangeran Mohammed yang memimpin komite anti-korupsi dan menjadi menteri pertahanan Saudi, mengatakan kepada New York Times bahwa banyak orang yang ditahan telah berjanji setia kepadanya.

Banyak warga Saudi menyambut baik langkah untuk mengatasi korupsi dengan harapan bahwa beberapa kekayaan minyak negara mereka akan didistribusikan kembali ke masyarakat. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Kontroversi Yerusalem, 4 Warga Palestina Terbunuh

Bisnisnews.id - Empat orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka pada hari Jumat 15 Desember dalam bentrokan dengan pasukan Israel, saat puluhan ribu orang berdemonstrasi menentang pengakuan Washington terhadap Yerusalem . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Konflik Yerusalem Reda, AS Rencanakan Perdamaian Timur Tengah

Gedung Putih akan memperbarui upaya untuk mencapai kesepakatan damai Israel-Palestina, kata beberapa pejabat pada hari Jumat 15 Desember. Pejabat senior pemerintah mengatakan upaya untuk mendorong proses akan dihidupkan kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
AFRIKA SELATAN
ANC Pilih Pemimpin Gantikan Jacob Zuma

Bisnisnews.id - Kongres Nasional Afrika (ANC) di Afrika Selatan sedang bersiap untuk memilih pemimpin partai baru untuk menggantikan Presiden Jacob Zuma. Kandidat utamanya adalah wakil presiden saat ini, Cyril Ramaphosa, dan mantan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
PERU
Skandal Odebrecht: Presiden Kuczynski Hadapi Pemakzulan

Bisnisnews.id - Partai politik di Kongres Peru telah mengajukan sebuah mosi pemakzulan terhadap Presiden Pedro Pablo Kuczynski. Dia telah dituduh menerima pembayaran ilegal oleh perusahaan konstruksi Brasil, Odebrecht. Mosi yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
BENCANA ALAM
Badai Kai-Tak Sambangi Filipina, 3 Nelayan Hilang Puluhan Ribu Mengungsi

Bisnisnews.id - Puluhan ribu orang terdampar karena banjir dan tiga nelayan hilang Sabtu 16 Desember saat Badai Tropis Kai-Tak mengarah ke timur Filipina, kata beberapa pejabat. Badai Kai-Tak berhembus hingga 100 kilometer per . . .
Selengkapnya