Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

ANGKUTAN JALAN
Senin, 18 Desember 2017 13:08 WIB

Ditjen Perhubungan Darat Operasikan 43 Jembatan Timbang




Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) targetkan penambahan 17 jembatan timbang atau menjadi 43 lokasi pada tahun 2018. Hingga 2019, jumlahnya ditingkatkan menjadi 77 lokasi.

Direktur Pembinaan Keselamatan Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Ahmad Yani mengungkapkan hal itu dalam Focus Group Discussion (FGD), di Kementerian Perhubungan, Senin (18/12/2017) Jakarta.

Yani optimis, para pemangku kepentingan yang memberikan masukan dalam diskusi tersebut menjadi bahan pertimbangan bagi regulator untuk mengembangkan dan mengelola jembatan timbang secara profesional.

"Harus kita kembalikan pada ke tupoksinya yaitu untuk menghindari terjadinya overload kendaraan. kelebihan berat, yang tidak sesuai dengan kemampuan jalan yang dilewati dapat memperpendek umur jalan," kata Yani.

Sebagai pilot proyek, saat ini Ditjen Perhubungan Darat telah mengoperasokan 26 jembatan timbang yang tersebar di sejumlah lokasi strategis.

Dia juga menjelaskan, yang diperhatikan oemerintah bukan hanya membangun jembatannya, tapi juga Sumber daya Manusia (SDM) yang mengelola jembatan timbang tersebut. Artinya, penambahan jembatan timbang harus sejalan dengan kemampuan SDM-nya.

Sampai 2019, membutuhkan SDM PNS sebanyak 616 orang. Selain itu juga membutuhkan tenaga honorer sebanyak 1.673 orang.(Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya