Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Perbankan / Berita

KINERJA
Selasa, 19 Desember 2017 13:22 WIB

Pemerintah Kurangi Daya Pacu Mengejar Target Penerimaan Pajak Dipenghujung Tahun



Bisnisnews.id - Memasuki penghujung tahun, pemeritah mengurangi daya pacunya untuk mengejar target penerimaan pajak Rp 1.750, 283 triliun sampai akhir tahun dari komposisi 30 jura wajib pajak. Per November 2017, mencapaian pajak sebesar Rp 983,54 triliun atau tumbuh tumbuh 2,38 persen dibanding periode yag sama tahun lalu yang hanya Rp 960 Triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tidak ada upaya khusus untuk mengejar target itu, dengan sisa waktu dua minggu ditahun 2017.

Namun yang telah dilakukan selama ini oleh Direktorat Jenderal Pajak adalah mengidentifikasi penerimaan. "Berdasarkan yang kita anggap sebagai base line kita, berdasarkan ekonomi yang sudah teridentifikasi," kata Sri Mulyani.

Soal penerimaan pajak ini, terus diupayakan, namun tidak membuat gaduh dan meresahkan dunia usaha. Karena jika petugas pajak terus mengejar para wajib pajak, akan berrdampak negatif, dan it tidak diinginkan pemerintah.

"Berapa yang secara reguler kita peroleh dan berapa yang kita bisa antisipasi tahun ini sesudah tax amnesti bagaimana basis lengkap dan enforcementnya. Terutama dengan adanya PP Nomor. 36 Tahun 2017. Jadi tidak ada yang disebut effort khusus menjalang akhir tahun," jelas Sri Mulyani.

Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak akan terus bekerja dengan cermat dan hati-hati sehingga kebutuhan memenuhi target penerimaan pajak dapat tercapai dan tidak gaduh.

Pemerintah terus berupaya membuka pembayaran pajak sesuai regulasi, tapi juga tidak membuat bising yang mengganggu dunia usaha. "Yang paling penting adalah, kta kerja lebih terorganisir dan lebih sistematis sehingga kemungkinan accident dan hal yang tidak baik kita minimalkan," tandasnya. (Adhitio)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
PENGANGGURAN
Ciptakan Entrepreuner, Facebook Latih 65,000 Orang Perancis

Bisnisnews.id - Facebook mengatakan pada hari Senin 22 Januari bahwa mereka akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis, untuk membantu wanita dan pengangguran memulai bisnisnya dan bisa kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya