Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Metropolitan / Jabodetabek / Berita

ANGKUTAN JALAN
Selasa, 19 Desember 2017 20:02 WIB

Bus Premium Cibinong - Plaza Senayan Rp 30 Ribu



Bisnisnews.id - Setelah membuka layanan dari Bekasi Barat dan Bekasi Timur (Rp. 25 ribu), angkutan umum bus premium, kini sudah bisa dinikmati masyarakat Cibinong dengan tarif hanya Rp 30 ribu .

Bus berangkat dari Cibinong City Mall (CCM) Bogor tujuan Plaza Senayan Jaksel dan ke Grand Paragon Gajah Mada Jakarta Pusat dan JAConnexion ke Bandara Soekarno Hatta.

Angkutan umum berbasis jalan raya, yang dikawal khusus Polantas dan LLAJR untuk sampai ke tujuan tepat waktu itu, juga akan dibuka pelayanannya dari Cikarang, Bogor (Botani Square) dan Cimanggu tarif Rp 35 ribu . Pekan depan akan melayani dari Cibubur, Tengerang Selatan dan Bintaro.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono targetkan 200 armada bus untuk layanan Transjabodetabek Premium. "Dua ratus unit ini yang melayani di berbagai titik pemberangkatan. Kami sudah mulai dengan Bekasi Barat dan Timur serta dalam waktu dekat dari Cikarang, kemudian Bogor di Botani Square dan dari Cimanggu, kemudian sekarang di Cibinong, nanti di Cibubur juga. Minggu depan kita buka di Tengerang Selatan dan Bintaro," kata Bambang.

Tecatat ada 10 oleh angkutan jalan raya yang siap berpartisipasi, Yaitu, PPD, Damri, Big Bird, Alfa Omega Transport, Royal Wisata, Sinar Jaya, Hiba Utama, Anugerah Mas, Deborah, Big Bird, dan Transjakarta.

Bambang menjelaskan, pihaknya kini tengah menyiapkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan pelayanan. Seperti penyiapan lajur khusus di tol yang digunakan untuk angkutan umum.

"Ini lajur khusus, tidak boleh kendaraan pribadi masuk di lajur itu, yaitu dari jam jam 06.00 sampai jam 09.00 WIB lajur tersebut diperuntukkan khusus untuk bus, semua jenis bus," jelas Bambang.

Khusus di Cibinong, pihak manajemen CCM menyiapkan area parkir mobil dan motor bagi pengguna Transjabodetabek Premium dengan tarif flat seharian sebesar Rp.10.000 untuk mobil dan Rp.6.000 untuk motor.

Terkait diterapkannya lajur kiri, lajur khusus angkutan umum (LKAU) , menurut Bambang, karena saat ini jalan tol sudah dalam kondisi emergency. "Sudah sangat macet. Untuk itu perlu segera diambil kebijakan-kebijakan jangka pendek dari minggu ke minggu kami harus memindahkan para pengguna mobil pribadi ke angkutan umum atau angkutan massal," jelasnya.

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa, salah satu cara yang dilakukan Perum PPD dalam menarik pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum dengan menawarkan kenyamanan fasilitas bus premium kepada penumpang.

Bus dilengkapi dengan AC, wifi, colokan listrik dan kursi yang nyaman. "Kita tahu, selain kenyamanan, pengemudi juga harus handal agar nyaman saat membawa kendaraan. Untuk melakukan perjalanan panjang kami siapkan kedua pramudi yang sudah lulus diklat, jadi sudah bersertifikasi," kata Putu. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya