Selasa, 26 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Foto / Berita Foto

Kamis, 16 Juni 2016 02:02 WIB

Tenun Sambas

Di tiap- tiap daerah di Indonesia hampir semua mempunyai kain khas masing- masing. Demikianpula dengan Sambas yang masyarakatnya sebagian besar masyarakat Melayu mempunyai kain khas, yaitu Kain Tenun Sambas yang biasa di sebut  Kain Lunggi  atau Kain Benang Emas.

Disebut kain benang Emas di karenakan salah satu bahan yang digunakan adalah benang emas berwarnakuning emas. Kain tenun benang emas ini biasanya di kerjakan secara tradisional dengan alat pemintal terbuatdari kayu belian.

Kebanyakan dikerjakan oleh penduduk di sekitar pesisir Sungai Sambas sekitar Kota Sambas. Penenunu ini tergolong unik karena kepandaian menenun ini didapat dari orangtuanya atau kepandaian ini diajarkan secara turun temurun.Pada masa sekarang kain ini masih tetap eksis dan bahkan masyarakat mancanegara sepertiBrunai, Malaysia dan Singapore mulai melirik kain tenun. Tidak jarang rumah kain tenun ini banyakdi kunjungi oleh pengemar kain tenun dari dalam dan luar negeri karena keunikan dan keindahancorak nyaKeunikan yang ada pada kain tenun Sambas adalah pada corak yang menonjol yaitu motif PucukRebung dihias dan di ditaburi motif- motif bunga- bunga dan plora dan fauna.

Nampak seorang penenun asyik dengan kelincahan jemarinya menyusun benang menjadi kain tenun. (foto: BN/Syamkelana}