Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

KESELAMATAN
Minggu, 24 Desember 2017 22:21 WIB

KPLP Kepulauan Seribu Operasikan Tiga Kapal Patroli



Bisnisnews.id -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengoperasikan tiga (kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di wilayah perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Direktur KPLP, Marwansyah  mengatakan, pengoperasian  tiga kapal patroli itu merupakan tindaklanjut arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi untuk mendukung peningkatan pengawasan kapal wisata di pelabuhan Kali Adem dengan tujuan Kepulauan Seribu.

"Menteri Perhubungan memberikan perhatian lebih terkait keselamatan pelayaran untuk para penumpang kapal wisata yang menuju Kepulauan Seribu. Untuk itu, kami menempatkan 3 kapal patroli KPLP bersiaga di wilayah Perairan Kepulauan Seribu," ujar Marwansyah Mjnggu (24/12/2017).

Mwnurutnya, tiga kapal patroli milik Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok akan secara terus menerus melakukan pemantauan dan pengawasan keselamatan pelayaran selama musim liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Dalam hal ini, saya telah meminta Syahbandar Utama Tanjung Priok dan KSOP Muara Angke untuk terus memberikan laporan pemantauan dan pengawasannya terutama bila ditemukan adanya kejadian luar biasa,"  kata Marwansyah.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas V Muara Angke, Capt. Wahyu Prihanto mengatakan bahwa 3 kapal patroli yang disiagakan di Perairan Kepulauan Seribu dan juga Kali Adem terdiri dari Kapal Patroli KN. 206, KN.214 dan KN. 215.

Capt. Wahyu juga menegaskan bahwa setiap penumpang yang menggunakan kapal wisata menuju Kepulauan Seribu wajib menggunakan life jacket tanpa terkecuali.

"Hingga saat ini semua pelayaran dari dan menuju Kepulauan Seribu berjalan selamat, aman, tertib dan nyaman. Semoga terus seperti ini kedepannya," harap Wahyu.

Terkait dengan terjadinya cuaca ekstrim akhir-akhir ini, Capt. Wahyu juga meminta agar para nakhoda dan pemilik kapal wisata untuk memperhatikan maklumat pelayaran yang dikeluarkan Ditjen Perhubungan Laut dan laporan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setiap pekannya.

"Bila cuaca buruk, saya menunda pemberian Surat Persetujuan Berlayar (SPB) hingga cuaca memungkinkan untuk berlayar," tegas  Wahyu.

Sebagai informasi, jumlah penumpang yang berwisata ke Kepulauan Seribu setiap harinya adalah kurang lebih 700 orang. Jumlah ini akan bertambah besar jika ada liburan panjang seperti libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang akan mencapai kurang lebih 5.000 orang atau naik 7 kali lipatnya.

"Biasanya jumlah penumpang ke Kepulauan Seribu sekitar 700 orang. Jumlah tersebut akan naik drastis bila masuk musim liburan seperti liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Data per tanggal 23 Desember 2017, tercatat ada 3.753 orang penumpang.  Biasanya jumlah penumpang akan naik lagi jika liburan panjang Tahun Baru dengan kondisi cuaca baik bisa mencapai 5.000 orang," jelas  Wahyu.

Oleh sebab itu, Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap aspek keselamatan pelayaran kapal-kapal wisata yang didominasi oleh kapal tradisional agar kapal tersebut memiliki standar keselamatan minimal.

"Di Muara Angke, rutin selalu diperiksa standar keselamatan pelayarannya. Namun demikian,  sesuai slogan Ditjen Perhubungan Laut: Pastinya! (Pelayaran Aman Selamat Tertib dan Nyaman), kami tidak akan mengendorkan pemantauan dan pengawasan kapal wisata yang akan berlibur di Kepulauan Seribu terutama kewajiban memakai life jacket selama pelayarannya," jelas Wahyu. (Adhitio)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
PENGANGGURAN
Ciptakan Entrepreuner, Facebook Latih 65,000 Orang Perancis

Bisnisnews.id - Facebook mengatakan pada hari Senin 22 Januari bahwa mereka akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis, untuk membantu wanita dan pengangguran memulai bisnisnya dan bisa kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya