Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

PELAYANAN
Minggu, 31 Desember 2017 15:51 WIB

Arus Mudik dan Balik Nataru di Pelabuhan Tg Emas Semarang Lancar



Bisnisnews.id - Arus mudik dan balik liburan  Natal 2017 dan tahun Baru 2018 di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terpantau Lancar.

Data Posko di Pelabuhan Tanjung Emas hingga H-1 mudik liburan  tahun baru 2018 dilaporkan,  jumlah penumpang naik mulai dari 18 sampai dengan 31 Desember 2017 sebanyak 8.047  orang. Terdiri dari kegiatan penumpang turun (debarkasi) sebanyak 5.101 orang penumpang dan  penumpang naik (embarkasi) sebanyak 2.946 oranh.

Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Capt. Rudiana mengatakan, berdasarkan laporan dari Posko Angkutan Laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Pelabuhan Tanjung Emas hingga tanggal 31 Desember 2017 (H-1 Tahun Baru 2018)  kegiatan pelayanan angkutan laut arus balik masih kondusif dan berlangsung dengan baik.

Rudiana mengatakan,  pelaksanaan angkutan laut pada masa Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dapat berjalan lancar juga dikarenakan dukungan dan kerjasama semua pihak terkait termasuk dukungan dari Direktorat Kenavigasian dan Distrik Kenavigasian di seluruh Indonesia, terutama dalam menyiapkan kapal-kapal navigasi untuk mengontrol lalu lintas kapal dan alur laut.

“Dalam rangka mendukung angkutan laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, semua VTS di seluruh pelabuhan juga selalui siap siaga selama 24 jam untuk mengatur dan memantau pergerakan kapal dengan tujuan untuk menjamin keselamatan dan kelancaran pelayaran selama masa selama angkutan Natal dan Tahun Baru," ujar Capt. Rudiana.

Sebagai informasi, selama pelaksanaan angkutan pada masa libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan pemantauan dan pengawasan di 52 Pelabuhan yang diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid menjelaskan,  sebagian besar penumpang adalah para pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas yang berasal dari luar jawa seperti Kumai, Ketapang, Sampit, Pontianak.  (Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
PENGANGGURAN
Ciptakan Entrepreuner, Facebook Latih 65,000 Orang Perancis

Bisnisnews.id - Facebook mengatakan pada hari Senin 22 Januari bahwa mereka akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis, untuk membantu wanita dan pengangguran memulai bisnisnya dan bisa kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya