Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN
Rabu, 03 Januari 2018 04:23 WIB

Seluruh Kapal Cepat di Perairan Tg Selor Kalimantan Utara Akan Dievaluasi



Bisnisnews.id - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie berjanji  segera mengevaluasi seluruh izin dan desain kapal cepat reguler, menyusul seringnya kecelakaan kapal sejenis yang menimbulkan korban jiwa.

Seperti diketahui, pada Senin pagi (1/1/2018), kapal cepat atau speedboat Anugerah Express, terbalik di perairan Tanjung Selor. Sebanyak delapan orang tewas dan 27 luka-luka.  Pada rute yang sama, Juli 2017, kapal sejenis juga mengalami nasib serupa, teggelam setelah dihantam ombak dan menewaskan sedikitnya enam penumpang serta puluhan penumpang luka-luka.

Irianto berjanji, segera mengevaluasi seluruh perizinan kapal cepat reguler, termasuk desain kapal. Dirinya juga telah memerintahkan Dinas Perhubungan berkoordinasi dan melakukan evaluasi untuk mencegah hal serupa terulang kembali.

"Kecelakaan seperti ini kan buan yang pertama. Perlu dilakukan penyelidikan secara tuntas, apakah ada human error atau teknis kapalnya. Kalau ada kesalahan, maka sanksi hukum akan ditegakan," tegasnya.

Pengaturan desain kapal cepat penumpang reguler, kelengkapan keamanan dan lainnya yang menjadi ranah Pemprov Kaltara segera ditangani.

Untuk desain, tegas Irianto, setiap kapal cepat reguler mempertimbangkan kemudahan akses keluar-masuk penumpang. Juga harus memiliki pintu yang dapat terbuka secara otomatis.

Kapal cepat Anugerah Express yang berpenumpang 45 orang terdaftar di manifest, belum termasuk enam orang penumpang anak, dilaporkan oleng ke kanan akibat menabrak batang kayu yang jarak tempat kejadian perkara tak jauh dari Pelabuhan Kayan II.

Dikabarkan pula, kapal yang sarat muatan itu sempat hanyut beberapa meter hingga akhirnya terbalik 180 derajat dengan beberapa puluh penumpang masih terjebak di dalamnya. (Adhitio/Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 24 April 2018
TRANSPORTASI UDARA
Bandara Jenderal Soedirman Ditargetkan Selesai 2019

Bisnisnews.id  - Dirjen Perhubungan Udara  Agus Santoso mengatakan,  Bandara Jenderal Besar Soedirman yang terletak di kawasan pangkalan TNI AU Wirasaba Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah sangat strategis karena . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya