Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN
Rabu, 03 Januari 2018 04:23 WIB

Seluruh Kapal Cepat di Perairan Tg Selor Kalimantan Utara Akan Dievaluasi



Bisnisnews.id - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie berjanji  segera mengevaluasi seluruh izin dan desain kapal cepat reguler, menyusul seringnya kecelakaan kapal sejenis yang menimbulkan korban jiwa.

Seperti diketahui, pada Senin pagi (1/1/2018), kapal cepat atau speedboat Anugerah Express, terbalik di perairan Tanjung Selor. Sebanyak delapan orang tewas dan 27 luka-luka.  Pada rute yang sama, Juli 2017, kapal sejenis juga mengalami nasib serupa, teggelam setelah dihantam ombak dan menewaskan sedikitnya enam penumpang serta puluhan penumpang luka-luka.

Irianto berjanji, segera mengevaluasi seluruh perizinan kapal cepat reguler, termasuk desain kapal. Dirinya juga telah memerintahkan Dinas Perhubungan berkoordinasi dan melakukan evaluasi untuk mencegah hal serupa terulang kembali.

"Kecelakaan seperti ini kan buan yang pertama. Perlu dilakukan penyelidikan secara tuntas, apakah ada human error atau teknis kapalnya. Kalau ada kesalahan, maka sanksi hukum akan ditegakan," tegasnya.

Pengaturan desain kapal cepat penumpang reguler, kelengkapan keamanan dan lainnya yang menjadi ranah Pemprov Kaltara segera ditangani.

Untuk desain, tegas Irianto, setiap kapal cepat reguler mempertimbangkan kemudahan akses keluar-masuk penumpang. Juga harus memiliki pintu yang dapat terbuka secara otomatis.

Kapal cepat Anugerah Express yang berpenumpang 45 orang terdaftar di manifest, belum termasuk enam orang penumpang anak, dilaporkan oleng ke kanan akibat menabrak batang kayu yang jarak tempat kejadian perkara tak jauh dari Pelabuhan Kayan II.

Dikabarkan pula, kapal yang sarat muatan itu sempat hanyut beberapa meter hingga akhirnya terbalik 180 derajat dengan beberapa puluh penumpang masih terjebak di dalamnya. (Adhitio/Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya