Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

REGULASI
Jumat, 05 Januari 2018 03:12 WIB

Kebijakan Arab Saudi, Biaya Umrah dan Haji Mengalami Kenaikan


Para jamaah umrah yang siap berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Bisnisnews.id - Kebijakan baru pemerintah Arab Saudi yang memberlakukan pajak pertambahan nilai (PPN) pada setiap kegiatan atau transaksi, berpengaruh langsung terhadap ongkos naik haji dan umroh.

Regulasi terkait pajak, berupa PPN 5 persen tersebut telah diterapkan pemerintah Arab Saudi sejak 1 Januari 2018, yang sebelumnya tidak pernah ada.

Selain pajak, pemerintah Arab Saudi juga menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) yang sebelumnya hanya 0,90 riyal per liter, kini menjadi 2,04 riyal/liter. Kenaikan itu, berdampak langsung terhadap seluruh kegiatan biaya umroh dan haji, yag bukan saja di Indonesia tapi di seluruh negara.

Khusus biaya umroh di Indonesia, menurut Ketua Perhimpunan Pengusaha Biro Ibadah Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Kota Solo, Her Suprabu, dipastikan terjadi kenaikan Rp 2,4 juta sampai 3,6 juta. Hal itu, lanjutya tidak bisa dipungkiri, karena mengacu pada kebijakan pemerintah Arab Saudi.

Kenaikan biaya umroh itu, berlaku bagi pendaftar baru. Sedangkan yang sudah lama mendaftar dan menyelesaikan pembayarannya tidak dikenakan biaya tambahan. Suprabu menjelaskan, bagi yang sudah lama membayar, penambahan PPN tersebut dutanggung sepenuhnya pihak penyelengara. (Adhitio)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 24 April 2018
TRANSPORTASI UDARA
Bandara Jenderal Soedirman Ditargetkan Selesai 2019

Bisnisnews.id  - Dirjen Perhubungan Udara  Agus Santoso mengatakan,  Bandara Jenderal Besar Soedirman yang terletak di kawasan pangkalan TNI AU Wirasaba Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah sangat strategis karena . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya