Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

REGULASI
Jumat, 05 Januari 2018 03:12 WIB

Kebijakan Arab Saudi, Biaya Umrah dan Haji Mengalami Kenaikan


Para jamaah umrah yang siap berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Bisnisnews.id - Kebijakan baru pemerintah Arab Saudi yang memberlakukan pajak pertambahan nilai (PPN) pada setiap kegiatan atau transaksi, berpengaruh langsung terhadap ongkos naik haji dan umroh.

Regulasi terkait pajak, berupa PPN 5 persen tersebut telah diterapkan pemerintah Arab Saudi sejak 1 Januari 2018, yang sebelumnya tidak pernah ada.

Selain pajak, pemerintah Arab Saudi juga menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) yang sebelumnya hanya 0,90 riyal per liter, kini menjadi 2,04 riyal/liter. Kenaikan itu, berdampak langsung terhadap seluruh kegiatan biaya umroh dan haji, yag bukan saja di Indonesia tapi di seluruh negara.

Khusus biaya umroh di Indonesia, menurut Ketua Perhimpunan Pengusaha Biro Ibadah Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Kota Solo, Her Suprabu, dipastikan terjadi kenaikan Rp 2,4 juta sampai 3,6 juta. Hal itu, lanjutya tidak bisa dipungkiri, karena mengacu pada kebijakan pemerintah Arab Saudi.

Kenaikan biaya umroh itu, berlaku bagi pendaftar baru. Sedangkan yang sudah lama mendaftar dan menyelesaikan pembayarannya tidak dikenakan biaya tambahan. Suprabu menjelaskan, bagi yang sudah lama membayar, penambahan PPN tersebut dutanggung sepenuhnya pihak penyelengara. (Adhitio)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya