Kamis, 24 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

WORKSHOP CASP-AP
Selasa, 09 Januari 2018 12:57 WIB

Anggota ICAO Diwajibkan Membuat Sistem Pencegahan Gangguan Keamanan


Sembilan negara di Asia Pasifik mengikuti workshop CASP - AP yang digelar selama empat hari di Jakarta (9-12 Januari 2018)

Bisnisnews.id - Direktur Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menegaskan, prosedur keselamatan penerbangan wajib dilaksanakan secara penuh seluruh maskapai.

Perubahan dan perkembangan teknologi, ungkap Agus, juga harus disikapi secara serius untuk melindungi manusia dan infrastruktur. Hal itu juga untuk mencegah beragam ancaman keselamatan penerbangan yang ikut berkembang setiap waktu.

"Pencegahan terhadap pelanggaran sistim keamanan juga harus terus berkembang. Terutama dalam melindungi manusia, infrastruktur dan peralatan," jelas Dirjen Agus dalam sambutannya dihadapan peserta Exercise Workshop Cooperative Aviation Security Program-Asia Pacific (CASP-AP), yang digelar bersama ICAO Regional Office Asia Pasific selama empat hari di Jakarta (9-12 Januari 2018) yang dibacakan Direktur Keamanan Penerbangan M.Nasir Usman sekaligus membuka acara tersebut.

"Pertemuan seperti ini sangat penting, karena akan meningkatkan pengetahuan teoritis dan praktis para peserta tentang bagaimana mengembangkan dan melakukan latihan pengujian rencana penanggulangan keadaan darurat," ujar Agus.

Mencegah lebih baik dari mengobati, dan itu, ungkap Agus berlaku dalam hal keamanan penerbangan. Memperbaiki kerusakan sistem pengamanan akibat gangguan keamanan, biaya dan resikonya lebih tinggi ketimbang melakukan pencegahan.

Dihadapan 24 peserta Workshop peserta dari sembilan negara anggota, yaitu Indonesia, Thailand, Laos, Bhutan, Timor Lester,Malaysia, Kiribati, Philippines, dan Fiji, Agus menekankan, seluruh anggota ICAO untuk mengembangkan dan menerapkan langkah - langkah pencegahan sesuai annex 17 tentang keamanan penerbangan.

ICAO mempercayakan Indonesia menjadi host dalam kegiatan ini karena dianggap sebagai negara yang selalu aktif dalam setiap pertemuan yang diadakan oleh CASP-AP. Terutama pertemuan untuk update kemajuan dan sharing perkembangan implementasi terhadap regulasi dan standard yang dikeluarkan oleh ICAO.

CASP-AP merupakan program kerjasama tingkat regional Asia-Pasifik yang bergerak di bidang keamanan penerbangan di bawah naungan ICAO. CASP-AP saat ini telah melalui Phase I (2004 – 2009) dan Phase II (2009-2014) yang terdiri dari 12 – 24 negara anggota di kawasan Asia-Pasifik.

Saat ini CASP-AP memulai program kerja Phase III (2014-2019) yag tujuan utamanya adalah membantu kepatuhan (compliance) negara anggota terhadap ICAO SARPs dan guidance material terkait keamanan penerbangan melalui peningkatan kapabilitas program dari setiap negara anggota.(Syam S)

 

Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
SINERGI BUMN
AP II dan AirNav Indonesia Tandatangani Kerjasama Jasa Kebandarudaraan

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) agau AP II bersinergi dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding . . .
Selengkapnya

 

Info Pasar  -  Rabu, 23 Mei 2018
PERDAGANGAN
harga Minyak Mentah Menurun

Bisnisnews.id - Harga minyak AS melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari tiga tahun di sesi sebelumnya. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
NAVIGASI
Bandara Kertajati Majalengka Siap Melayani Angkutan Haji

Bisnisnews.id - Sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka siap operasi. Dalam jangka pendek yang akan dilayani ialah angkutan mudik lebaran dan pelayanan haji 2018. Direktur Utama AirNav Indonesia Novie . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
MASTER
Games yang Melahirkan Seorang Utut Adianto

Bisnisnews.id – Buku pecatur legendaris Amerika Serikat, Bobby Fischer, yang berjudul My 60 Memorable Games ternyata memiliki sejarah dan cerita panjang yang melahirkan seorang atlet catur kebanggaaan Indonesia Utut Adianto.    Ada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
BOLA
Evan Dimas Berharap Kontrak Luis Milla Diperpanjang

Bisnisnews.id – Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono menjelaskan bahwa dirinya sangat mendukung Luis Milla Aspas terkait perpanjangan kontrak dirinya oleh PSSI. Seperti diketahui kontrak Milla akan habis setelah . . .
Selengkapnya