Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Wisata / Berita

PARIWISATA
Selasa, 09 Januari 2018 19:42 WIB

Kadinpar Sumut Targetkan Satu Juta Kunjungan Wisman Pada 2018


Samosir salah satu destinasi pariwisata andalan Sumatera Utara

Bisnisnews.id – Meningkatnya Angka wisatawan mancanegara pada tahun 2017 sebesar 223.483 jiwa melalui data dari Badan Pusat Statistik Statistik (BPS) Provinsi Sumut, Selasa (9/1/2018). Kenaikan yang mencapai 14,06% dari tahun 2016 yang hanya sebesar 204.693 jiwa.

Para wisatawan mancanegara tersebut didominasi dari negara Malaysia, Singapura, Tiongkok, Australia, Jerman, India, Inggris, Amerika Serikat, Hongkong dan Thailand.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Elisa Marbun mengatakan, para wisatawan yang datang mayoritas mengunjungi destinasi di daerah Danau Toba, Samosir, Langkat, Serdang Bedagai, Batubara dan Nias.

“Kebanyakan dari mereka para wisatwan mancanegara berkunjung ke Danau Toba, ada yang ke Tangkahan, juga ada yang untuk penelitian dan berselancar di laut-laut Sumut,” ujar Elisa Marbun.

Melihat peningkatan angka wisatawan, Elisa mengakui dirinya belum puas dan menargetkan dalam kurun waktu 2018-2019 wisatawan mancanegara di Sumut dapat mencapai angka satu juta jiwa.

“Untuk 2018-2019 saya optimis jumlah wisman bisa mencapai satu juta orang. Apalagi sekarang menuju Danau Toba, sudah ada akses langsung yaitu Bandara Silangit,” kata Elisa Marbun.

Namun, target tersebut diakui Elisa Marbun tidak akan tercapai jika tidak ada kordinasi kepada kabupaten/kota terkait dan perbaikan fasilitas penunjang.

“Fasilitas-fasilitas harus diperbaiki termasuk infrastruktur. Pelayanannya juga harus ramah, senyum. Pastinya akan terus komunikasi dengan kabupaten/kota di Sumut agar potensi wisata yang ada dikembangkan,” tutur Elisa Marbun. (Rayza)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya