Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Wisata / Berita

PARIWISATA
Selasa, 09 Januari 2018 19:42 WIB

Kadinpar Sumut Targetkan Satu Juta Kunjungan Wisman Pada 2018


Samosir salah satu destinasi pariwisata andalan Sumatera Utara

Bisnisnews.id – Meningkatnya Angka wisatawan mancanegara pada tahun 2017 sebesar 223.483 jiwa melalui data dari Badan Pusat Statistik Statistik (BPS) Provinsi Sumut, Selasa (9/1/2018). Kenaikan yang mencapai 14,06% dari tahun 2016 yang hanya sebesar 204.693 jiwa.

Para wisatawan mancanegara tersebut didominasi dari negara Malaysia, Singapura, Tiongkok, Australia, Jerman, India, Inggris, Amerika Serikat, Hongkong dan Thailand.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Elisa Marbun mengatakan, para wisatawan yang datang mayoritas mengunjungi destinasi di daerah Danau Toba, Samosir, Langkat, Serdang Bedagai, Batubara dan Nias.

“Kebanyakan dari mereka para wisatwan mancanegara berkunjung ke Danau Toba, ada yang ke Tangkahan, juga ada yang untuk penelitian dan berselancar di laut-laut Sumut,” ujar Elisa Marbun.

Melihat peningkatan angka wisatawan, Elisa mengakui dirinya belum puas dan menargetkan dalam kurun waktu 2018-2019 wisatawan mancanegara di Sumut dapat mencapai angka satu juta jiwa.

“Untuk 2018-2019 saya optimis jumlah wisman bisa mencapai satu juta orang. Apalagi sekarang menuju Danau Toba, sudah ada akses langsung yaitu Bandara Silangit,” kata Elisa Marbun.

Namun, target tersebut diakui Elisa Marbun tidak akan tercapai jika tidak ada kordinasi kepada kabupaten/kota terkait dan perbaikan fasilitas penunjang.

“Fasilitas-fasilitas harus diperbaiki termasuk infrastruktur. Pelayanannya juga harus ramah, senyum. Pastinya akan terus komunikasi dengan kabupaten/kota di Sumut agar potensi wisata yang ada dikembangkan,” tutur Elisa Marbun. (Rayza)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya