Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

KSP
Kamis, 11 Januari 2018 11:12 WIB

Dirjen Perhubungan Darat Optimalkan Seluruh Aset Milik Negara


Terminal Terpadu Merak, segera dioptimalkan melalui mekanisme Kerjasama Pemanfaatan Lahan (KSP).

Bisnisnews.id - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, ada tiga aset atau barang milik negara yang segera dioptimalkan. Tahap awal dilakukan di Terminal terpadu Merak, Tirtonadi Solo, Jembatan Timbang Watudodol dan Cekik dengan mekanisme Kerjasama Pemanfaatan (KSP).

Penandatanganan dokumen dan serahterima KSP aset-aset negara kepada pemerinah daerah (Pemda) ditargetkan sudah terealisasi pada kwartal I/2018. Saat ini seluruh dokumen dan administrasi terkait tengah dipersiapkan untuk mendukung terlaksananya KSP.

Aset-aset negara itu, Ungkap Dirjen Budi harus dimanfaatkan secara optimal oleh masing-masing pihak. Sekarang ini yang menjadi prioritas Kementerian Perhubungan adalah Terminal Merak Banten dan Tirtonadi Solo.

Khusus Terminal Terpadu Merak Banten, diakui Dirjen Budi masih terbentur administrasi kepemilikan, yaitu soal pemecahan sertifikat. Pihaknya kin telah meminta bantuan kepada Pemda Cilegon untuk menyelesaikan masalah itu secepatnya.

Penyelesaian status aset, menjadi bagian penting yag harus diselesaikan."Hal itu harus segera dilaksanakan, karena rencana KSP belum bisa diproses apabila status aset belum jelas," ungkap Dirjen Budi.

Terhadap perusahaan BUMN yang akan melaksanakan KSP, Dirjen Budi meminta agar membuat usulan pemanfaatan Terminal terpadu Merak, Watudodol dan Cekik tersebut. "Kami juga akan segera melakukan kunjungan ke Cilegon untuk berkoordinasi dengan Pemda Cilegon dan BPN untuk melakukan pengukuran ulang lahan-lahan dimaksud," tuturnya.

Terminal Tirtonadi-Solo

Dirjen Budi mengemukakan, sebelum persyaratan administrasi pengajuan KSP dilengkapi maka Direktorat Jenderal Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi DJKN Kementerian Keuangan tidak dapat mengeluarkan izin KSP untuk TTM dan lokasi lainnya.

Dengan adanya KSP, nantinya sesuai pasal 404 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka akan ada serah terima personel, pendanaan, sarana prasarana serta dokumen terkait.

"Diharapkan dengan dimulainya nanti kerja sama ini maka akan lebih mengoptimalkan pelayanan pada penumpang dan meningkatkan serta mengembangkan prasarana yang ada," ujar Dirjen Budi. (Syam S)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya