Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

KESULITAN EKONOMI
Kamis, 11 Januari 2018 21:39 WIB

Miskin Dan Pengangguran Sebabkan Kerusuhan Di Tunisia


Seorang anggota pasukan keamanan Tunisia mengarahkan senjatanya ke demonstran saat terjadi bentrokan di pinggiran Tunis 10 Januari 2018 (AFP)

Bisnisnews.id - Malam ketiga kerusuhan telah mengguncang Tunisia dimana pihak berwenang mengatakan pada hari Kamis 11 Januari bahwa lebih dari 600 orang telah ditangkap minggu ini karena kemarahan masyarakat pada langkah-langkah penghematan pemerintah.

Pemerintah Tunisia dianggap telah gagal menyelesaikan masalah kemiskinan dan pengangguran.

Polisi menahan 328 orang pada hari Rabu (10/1) karena pencurian, penjarahan, pembakaran dan pemblokiran jalan, kementerian dalam negeri mengatakan, setelah sebelumnya menangkap lebih dari 280 orang selama dua hari.

Kerusuhan terbaru membuat kantor polisi provinsi dibakar, bom molotov dilemparkan ke polisi dan tembakan gas air mata, namun juru bicara kementerian Khalifa Chibani mengatakan bahwa kerusuhan ini tidak separah daripada di hari-hari sebelumnya.

Dua puluh satu anggota pasukan keamanan terluka, kata Chibani. Tidak ada korban di antara para pemrotes.

Tunisia sering dipandang memiliki transisi yang relatif mulus sejak pemberontakan tahun 2011 yang menggulingkan diktator lama Zine El Abidine Ben Ali.

Namun orang-orang Tunisia telah menyatakan frustrasinya sejak awal tahun ini karena langkah-langkah penghematan yang malah meningkatkan harga dalam ekonomi sulit.

Negara Afrika Utara ini memperkenalkan kenaikan pajak pertambahan nilai dan kontribusi sosial sebagai bagian dari anggaran barunya.

Dari pemberitaan AFP, ilmuwan politik Olfa Lamloum menyebut kaum muda kecewa dengan revolusi, terutama karena mahalnya biaya hidup.

Lamloum menunjuk ketidaksetaraan sosial yang lewat meningkatnya kemiskinan, pengangguran dan buta huruf terutama di kalangan kaum muda. (Marloft)

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya