Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

PENERBANGAN
Jumat, 12 Januari 2018 16:05 WIB

Trans Udara Papua Rampung Tahun Ini



Bisnisnews.id -  Pemerintah pastikan, tahun ini program konektivitas Trans Udara  di seluruh kawasan Papua dan Papua Barat rampung, seiring dilakukannya modernisasi  transportasi udara, berupa pemasangan perangkat navigasi di 109 bandara berbasis satelit GPS.

Dari jumlah itu,  sebanyak tujuh bandara mengadopsi teknologi ADS-B (Automatic Dependent Surveillance Broadcast) yang telah diproduksi entitas nasional PT. INTI. Yaitu Sentani, Wamena, Oksibil, Dekai, Borome, Senggeh dan Elilim.

ADS-B ini akan digunakan sebagai tools bagi pemanduan lalu lintas penerbangan di kawasan Papua dan Palua Barat.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso menjelaskan,  untuk tenaga operator sebagian besar merekrut  warga lokal. "Mereka kita rekrut dan diberikan pendidikan khusus kenavigasian untuk ditempatkan di sejumlah bandara,"jelas Agus.

Sebanyak 11 orang warga  Papua telah direkrut dan mengikuti pendidikan teknis navigasi penerbangan. Selain itu Kementerian Perhubungan sendiri telah mencetak 16 Pilot yang berasal dari tanah Papua dan Papua Barat.

Saat ini masih dilakukan perekrutan sebanyak 12 orang Putra dan Putri terbaik dari tanah Papua untuk dididik sebagai Penerbang di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Perhubungan.

Modernisasi layanan navigasi itu, ungkap Dirjen Agus, dilaksanakan AirNav Indonesia. " Kita buka trans udara papua, perangkatnya dipasang AirNav Indonesia, " jelasnya.

Menurut Dirjen Agus, pembuatan jalur Trans-Papua ini menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo agar  lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

'Dengan kondisi geografis yang spesial, Papua dan Papua Barat memerlukan tata cara bernavigasi penerbangan yang khusus pula," jelas Agus.

Prosedur penerbangan berbasis satelit
Di bidang pengoperasian pesawat udara, telah diperkenalkan dan diterapkan tatacara penerbangan di wilayah pegunungan atau Flying in The Mountaineous Area.

 Persyaratan operasi penerbangan meliputi kaidah penerbangan visual atau instrumen, penggunaan peralatan Global Positioning System (GPS), kecakapan kru pesawat, program pelatihan kru, budaya keselamatan, peralatan pesawat udara dan kondisi bandar udara.

Sedangkan di bidang  pelayanan navigasi penerbangan, saat ini tengah dilakukan program peningkatan status pelayanan AFIS menjadi Aerodrome Control Tower di Papua dan juga peningkatan pelayanan APP dengan berbasis surveillance pada bandara Sentani. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya