Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

KUNKER
Jumat, 12 Januari 2018 21:47 WIB

Dirjen Hubdar Heran, Terminal Bus Lintas Negara Sei Ambawang Sepi


Terminal Sei Ambawang yang melayani bus lintas negara sepi. sebagian bus lebih memilih melayani penumpangnya di pool dan tempat lain

Bisnisnews.id - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi heran, terminal bus Sei Ambawang Pontianak yang melayani Antar Lintas Batas Negara (ALBN),
Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sepi dan hanya  sedikit bus yang masuk terminal.

Sebagian besar bus lebih memilih melayani penumpang di pool dan jalan. Menyaksikan situasi itu, Dirjen Budi langsung memerintahkan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalimantan Barat melakukan penertiban bus AKAP maupun AKDP yang melayani penumpang di luar terminal.

Dirjen Budi  memberi waktu dua bulan kepada Kepala BPTD untuk menyelesaikan masalah itu dan segera melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian maupun Dinas Perhubungan.

"Saya minta semua Kepala BPTD berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat agar semua bus AKAP dan AKDP  masuk terminal," tegas Dirjen Budi, saat melakukan kunjungan kerja ke terminal Sei Ambawang Pontianak Kalimantan Barat, Jumat (11/1/2018).

Dirjen Budi akui,  permasalahan ini bukan hanya terjadi di Terminal Sei Ambawang, namun hampir di seluruh daerah. "Segera kita akan buat surat kepada seluruh Kepala BPTD untuk berkoordinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan daerah untuk menyelesaikan hal ini," lanjutnya.

Dalam kunkungan itu,  Dirjen Budi juga menyoroti masalah kebersihan dan pelayanan di Terminal Sei Ambawang. Menurutnya, Terminal Sei Ambawang sebagai Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) merupakan pintu masuk ke Indonesia. Kondisi fisik terminal menjadi cerminan kepribadian bangsa.

"Saya sangat concern dengan kebersihan, kenyamanan, dan pelayanan di terminal ini. Kita harus bangga dengan terminal ini. Oleh karena itu berikan yang terbaik untuk negara kita. Buktikan kita tidak kalah dengan negara lain," kata Dirjen Budi memotivasi para petugas terminal.

Terminal Sei Ambawang ini merupakan satu-satunya terminal di Kalimantan Barat yang menjadi kewenangan pemerintah pusat yaitu Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, tepatnya dibawah koordinasi BPTD Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat.

Bus ALBN yang ada di Terminal Sei Ambawang melayani trayek yang menghubungkan tiga negara. Yaitu Indonesia (Pontianak), Malaysia (Kuching), dan Brunei Darussalam.

Bus ALBN yang masuk Terminal Sei Ambawang antara lain Damri, SJS, Kitara, Bintang Jaya, ADBS (Indonesia).  Dari Malaysia bus Eva dan Biaramas. Sedangkan bus AKDP antara lain Damri, Borneo Trans Holiday, Khatulistiwa Holiday, Marus, Tanjung Niaga, TSM, Senyosa, Hidayah, dan ATS. Sedangkan untuk bus AKAP hanya Damri dengan trayek Pontianak-Pangkalan Bun. (Syam S)


-

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya