Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

KUNKER
Jumat, 12 Januari 2018 21:47 WIB

Dirjen Hubdar Heran, Terminal Bus Lintas Negara Sei Ambawang Sepi


Terminal Sei Ambawang yang melayani bus lintas negara sepi. sebagian bus lebih memilih melayani penumpangnya di pool dan tempat lain

Bisnisnews.id - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi heran, terminal bus Sei Ambawang Pontianak yang melayani Antar Lintas Batas Negara (ALBN),
Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sepi dan hanya  sedikit bus yang masuk terminal.

Sebagian besar bus lebih memilih melayani penumpang di pool dan jalan. Menyaksikan situasi itu, Dirjen Budi langsung memerintahkan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalimantan Barat melakukan penertiban bus AKAP maupun AKDP yang melayani penumpang di luar terminal.

Dirjen Budi  memberi waktu dua bulan kepada Kepala BPTD untuk menyelesaikan masalah itu dan segera melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian maupun Dinas Perhubungan.

"Saya minta semua Kepala BPTD berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat agar semua bus AKAP dan AKDP  masuk terminal," tegas Dirjen Budi, saat melakukan kunjungan kerja ke terminal Sei Ambawang Pontianak Kalimantan Barat, Jumat (11/1/2018).

Dirjen Budi akui,  permasalahan ini bukan hanya terjadi di Terminal Sei Ambawang, namun hampir di seluruh daerah. "Segera kita akan buat surat kepada seluruh Kepala BPTD untuk berkoordinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan daerah untuk menyelesaikan hal ini," lanjutnya.

Dalam kunkungan itu,  Dirjen Budi juga menyoroti masalah kebersihan dan pelayanan di Terminal Sei Ambawang. Menurutnya, Terminal Sei Ambawang sebagai Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) merupakan pintu masuk ke Indonesia. Kondisi fisik terminal menjadi cerminan kepribadian bangsa.

"Saya sangat concern dengan kebersihan, kenyamanan, dan pelayanan di terminal ini. Kita harus bangga dengan terminal ini. Oleh karena itu berikan yang terbaik untuk negara kita. Buktikan kita tidak kalah dengan negara lain," kata Dirjen Budi memotivasi para petugas terminal.

Terminal Sei Ambawang ini merupakan satu-satunya terminal di Kalimantan Barat yang menjadi kewenangan pemerintah pusat yaitu Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, tepatnya dibawah koordinasi BPTD Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat.

Bus ALBN yang ada di Terminal Sei Ambawang melayani trayek yang menghubungkan tiga negara. Yaitu Indonesia (Pontianak), Malaysia (Kuching), dan Brunei Darussalam.

Bus ALBN yang masuk Terminal Sei Ambawang antara lain Damri, SJS, Kitara, Bintang Jaya, ADBS (Indonesia).  Dari Malaysia bus Eva dan Biaramas. Sedangkan bus AKDP antara lain Damri, Borneo Trans Holiday, Khatulistiwa Holiday, Marus, Tanjung Niaga, TSM, Senyosa, Hidayah, dan ATS. Sedangkan untuk bus AKAP hanya Damri dengan trayek Pontianak-Pangkalan Bun. (Syam S)


-

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya