Minggu, 20 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Metropolitan / Jabodetabek / Berita

ANGKUTAN MASSAL
Senin, 15 Januari 2018 12:52 WIB

Jalur KA Bandara Rawan Kecelakaan, Perlu Segera Dibenahi


Rumah kumuh dan lintasan liar warga d sepanjang jalur KA Bandara lintas Sudirman - Bandara Soekarno-Hatta sangat rawan kecelakaan.

Bisnisnews.id - Jalur kereta api bandara (KA Bandara) lintas Sudirman ke Bandara Soekarno-Hatta rawan kecelakaan dan perlu dilakukan penataan lanjutan. Selain masih banyak kawasan kumuh di setiap sisi jalan yang dilalui, juga masih adanya lintasan sebidang liar.

Peneliti dan pemerhati keselamatan angkutan umum massal, Djoko Setijowarno mengatakan, track atau rel yang dilalui KA Bandara harusnya steril dari lalulalang warga.

Sepanjang jalur Stasiun BNI City-Stasiun Tanah Abang-Stasiun Duri cukup mengganggu perjalanan. Banyak anak-anak memanfaatkan rel kereta sebagai tempat bermain, sehigga masinis harus selalu waspada dan berhati-hati saat melontas. Jangan sampai terjadi kecelakaan terhadap anak-anak yang sedang bermain di jalur rel.

"Pelayanannya sudah cukup bags, membatu masyarakat yang akan ke bandara, Hanya saja, dilintasan yang dilewati masih rawan kecelakaan dan ini harus ditata kembali," kata Djoko, Senin (15/1/2018) di Jakarta.

Sejak diresmikan beroperasi pada 2 Januari 2018 oleh Presiden RI Joko Widodo, jalur KA Bandara ini akan menjadi potret kondisi Jakarta. Sayangnya, kritik Djoko, di beberapa lintasan masih perlu ditata. Selain kumuh, juga membahayakan perjalanan KA.

"Anak-anak masih banyak yang memanfaatkan rel kereta sebagai area bermain. Pasalnya, sepanjang jalur tersebut berdiri sejumlah bangunan hunian yang tidak memiliki fadilitas umum ruang bermain buat anak-anak," jelasnya.

Sejumlah hunian kumuh ini juga memberi citra buruk bagi Kota Jakarta yang belum bisa memberikan hunian sehat bagi warganya.

Jaur kereta api, ungkap Djoko arus benar-benar steril, tertutup untuk umum, seperti yang diamanatkan pasal 36 UU No 23/2007 tetang Perkeretaapian. Jalur kereta api diperuntukkan bagi pengoperasian kereta api. Meliputi ruang manfaat jalur kereta api, ruang milik jalur kereta api, dan ruang pengawasan jalur kereta api.

Ruang manfaat jalur kereta api terdiri atas jalan rel dan bidang tanah di kiri dan kanan jalan rel beserta ruang di kiri, kanan, atas dan bawah yang digunakan untuk konstruksi jalan rel dan penempatan fasilitas operasi kereta api serta bangunan pelengkap lainnya.

Setiap orang yang membangun gedung, membuat tembok, pagar, tanggul, dan bangunan lainnya, menanam jenis pohon yang tinggi, atau menempatkan barang pada jalur kereta api yang dapat mengganggu pandangan bebas dan membahayakan keselamatan perjalanan kereta api dapat dipidana maksimal 1 tahun penjara atau pidana denda paling banyak Rp 100 juta (pasal 192).

Pemeritah provinsi DKI Jakarta bersama PT KAI dan Ditjen Perkeretaapian dapat bersama melakukan pendataan dan upaya sterilisasi jalur KA. Warga yang menempati lahan sepanjang jalur dapat difasilitasi pindah ke rumah susun dan diberi akses transportasi umum gratis menuju pusat kota tempatnya beraktivitas. (Adhitio)

 

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
INAPGOC
Asian Para Games 2018 Berjalan Aman

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengingatkan Ketua Umum Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC),  Raja Sapta  Oktohari  terkait persiapan keamanan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 20 Mei 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Runway Bandara Juanda Surabaya Amblas , puluhan Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Maskapai Lion Air mengumumkan, pelayanan penerbangan dari bandara Juanda Surabaya kembali normal setelah fasilitas landas pacu (runway) dinyatakan aman (safety) untuk proses lepas landas (take off) dan mendarat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
ASIAN PARA GAMES 2018
Menpora Apresiasi Kerja Keras INAPGOC

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). yang sejak tahun lalu telah menunjukan progress yang menggembirakan. . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
RESOLUSI PBB
AS dan Australia Menolak Penyelidikan Kejahatam Perang Israel Terhadap Palestina

Bisnisnews.id  -  Amerika Serikat  dan Australia menolak dlakukannya resolusi untuk mengirim tim investigasi  menyelididki pelanggaran yang dilakukan Israel di Palestina, khusunya Jalur Gaza. Rapat Dewan Khusus . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
SIDANG OKI
Wapres Jusuf Kalla Desak Hamas dan Fatah Bersatu dan Kompak

Bisnisnews.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Hamas dan Fatah bersatu dan mennyelesaikan konflik internal. Dengaan demikian, dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat . . .
Selengkapnya