Minggu, 20 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

PENEGAKAN HUKUM
Jumat, 19 Januari 2018 22:05 WIB

Kerugian Negara Akibat Overloading Truk Rp 43,45 Triliun per Tahun



Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan  Budi Setiyadi menegaskan, tidak akan memberikan toleransi terhadap pelanggaran yang dilakukan truk angkutan barang. Terutama truk yang kelebihan dimensi dan muatan.

Data Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR menyebutkan, setiap tahunnya negara harus menanggung beban kerugian sebesar Rp 43,45 triliun akibat pelanggaran dimensi dan overloading angkutan barang di jalan raya.

Penegakan aturan angkutan jalan itu dilakukan bersama-sama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga, PT Jasa Marga dan  Kepolisian. Terutama dalam upaya meningkatkan aspek keselamatan dan pemeliharaan jalan.

Kata Dirjen Budi, tahap awal penerapan  sanksi  berupa tilang elektronik dan selanjutnya penurunan barang. "Sekarang kami belum siap gudang dan lapangan penumpukan untuk menampung barang dari truk yang kelebihan muat," tutur Dirjen Budi saat dikonfirmasi Bisnisnews.id Jumat (19/1/2018)  terkait penindakan tegas truk angkutan barang yang melakukan pelangaran kelebuhan muat dan dimensi di jalan raya.

“Kendaraan angkutan barang yang over dimensi dan over loading, akan kami tindak tegas," ujar Dirjen Budi.

Dirjen Budi mengatakan jika dilihat dari aspek bisnis yang untung adalah pemilik barang, tetapi negara rugi besar. Dampak dari pelanggaran tersebut adalah semakin besarnya anggaran untuk pemeliharaan jalan sehingga memperlambat pembangunan jalan yang baru.

"Kita harapkan tanpa Pemerintah melakukan tindakan tegas, pemilik barang maupun pemilik kendaraan angkutan barang dengan sadar mengurangi pelanggaran," tambahnya.

Dirjen Budi juga menyampaikan untuk memulai tindakan ini, hal yang dilakukan adalah mengoperasionalkan jembatan timbang yang ada. Dalam operasionalnya, pihak swasta akan dilibatkan melakukan pendampingan kepada petugas di jembatan timbang.

Hal ini untuk evaluasi efektifitas dan efisiensi pekerjaan serta meminimalisir pungli. ”Apabila ada petugas dari jembatan timbang yang masih melakukan pungli, saya tidak segan untuk langsung memberikan sanksi dan pemutusan kontrak bagi pegawa honor," tegasny.

Dirinya mengatakan tanggal 15 Februari 2018 akan mulai kick off modernisasi jembatan timbang dimana setiap pelanggaran yang ada di jembatan timbang akan ditindak dengan menggunakan e-tilang, sehingga tidak ada lagi transaksi yang diberikan kepada petugas. Pelanggar dapat menggunakan transfer atau setor melalui ATM atau menggunakan mesin EDC yang tersedia di jembatan timbang.

Kepada Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia bersama Kepolisian dihimbau untuk serempak melakukan penegakan aturan secara keseluruhan.

Kasubdit Bin Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menjelaskan permasalahan over dimensi dan over loading merupakan permasalahan lama yang memiliki dampak maksimal.
 
Penegakan hukum dengan ancaman maksimal yang memiliki tujuan menimbulkan efek jera kepada pelanggar merupakan langkah serta upaya yang cukup bagus.

"Memang butuh suatu upaya-upaya yang ekstrem, awalnya memang harus dipaksa tetapi harus ada regulasi yang jelas,” ungkapnya. (Syam S)

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
INAPGOC
Asian Para Games 2018 Berjalan Aman

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengingatkan Ketua Umum Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC),  Raja Sapta  Oktohari  terkait persiapan keamanan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 20 Mei 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Runway Bandara Juanda Surabaya Amblas , puluhan Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Maskapai Lion Air mengumumkan, pelayanan penerbangan dari bandara Juanda Surabaya kembali normal setelah fasilitas landas pacu (runway) dinyatakan aman (safety) untuk proses lepas landas (take off) dan mendarat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
ASIAN PARA GAMES 2018
Menpora Apresiasi Kerja Keras INAPGOC

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). yang sejak tahun lalu telah menunjukan progress yang menggembirakan. . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
RESOLUSI PBB
AS dan Australia Menolak Penyelidikan Kejahatam Perang Israel Terhadap Palestina

Bisnisnews.id  -  Amerika Serikat  dan Australia menolak dlakukannya resolusi untuk mengirim tim investigasi  menyelididki pelanggaran yang dilakukan Israel di Palestina, khusunya Jalur Gaza. Rapat Dewan Khusus . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
SIDANG OKI
Wapres Jusuf Kalla Desak Hamas dan Fatah Bersatu dan Kompak

Bisnisnews.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Hamas dan Fatah bersatu dan mennyelesaikan konflik internal. Dengaan demikian, dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat . . .
Selengkapnya