Kamis, 24 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

KEMACETAN
Senin, 22 Januari 2018 11:37 WIB

Kendaraan Berat Dilarang Melintas di Tol Cikampek Pukul 06:00 -09:00



Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, seluruh kendaraan alat berat yang melintas di jalan tol Cikampek melakukan pelanggaran. Rata-rata barang yang dimuat  dua kali lipat dari kapasitas yang tersedia.

Pelanggaran lalulintas seperti itu menjadi salah satu penyebab kemacetan di jalur bebas hambatan ruas Jakarrta - Cikampek yang jauh dari standar  safety dan level of servic. Saat ini jika menuju Bandung via jalan darat ditempuh selama 5-6 jam.

Artinya, jalan bebas hambatan itu bukan saja tidak lagi memenuhi standar safety dan level of service tapi jauh dari rasa nyaman. Sejumlah langkah strategis dalam waktu dekat ini akan dilakukan, seperti tilang ditempat pada seluruh angkutan barang kendaraan berat yang melanggar.

Selain itu, Korlantas, Jasa Marga maupun  BPJT sepakat untuk membatasi jam operasi alat berat. Seluruh kendaraan berat tersebut mulai pukul 06.00  - 09.00 dilarang melintas di ruas tol Jakarta - Cikampek.

"Saya mengusulkan Korlantas untuk lakukan tilang setiap hari karena dari lima kendaraan berat yang dites tidak ada satu pun yang sesuai, bahkan ada yang bermuatan dua kali lipat dari batas angkutan barangnya," jelas Menhub Budi.

Efek kelebihan muatan, lanjutnya, banyak sekali menimbulkan masalah.  Seperti keselamatan dan kecepatan yang tidak maksimal, "Yang membuat saya kurang senang selama ini efek tilang tidak membuat rasa jera bagi yang melanggar," ata Menhub Budi saat meninjau implementasi keselamatan jalan di ruas tol Jakarta–Cikampek, Minggu (21/1).

Berdasarkan riset PT. Jasa Marga, jalan tol Cikampek akan dibagi empat lajur. Yaitu lajur satu untuk bus bermuatan penumpang, lajur dua truk muatan, jalur tiga dan empat untuk kendaraan yang lain. Artinya bus akan mendapatkan prioritas dengan kapasitas di atas 30 orang  akan mendapatkan kecepatan yang lebih cepat.

Dengan meningkatnya waktu tempuh bagi angkutan penumpang,  diharapkan masyarakat pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum.

“Kami akan menerapkan pembatasan waktu, jadi kita arahkan 06.00 sd 09.00 akan kita larang kendaraan berat untuk melalui ruas tol Jakarta–Cikampek. Di egara-negara lain lazim diberlakukan jam operasional dan harga-harga di sana masih tetap murah, jadi jangan ini dijadikan dalih nanti barang akan sampai dengan terlambat dan berbagai hal lain," tegas Menhub Budi. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
SINERGI BUMN
AP II dan AirNav Indonesia Tandatangani Kerjasama Jasa Kebandarudaraan

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) agau AP II bersinergi dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding . . .
Selengkapnya

 

Info Pasar  -  Rabu, 23 Mei 2018
PERDAGANGAN
harga Minyak Mentah Menurun

Bisnisnews.id - Harga minyak AS melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari tiga tahun di sesi sebelumnya. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
NAVIGASI
Bandara Kertajati Majalengka Siap Melayani Angkutan Haji

Bisnisnews.id - Sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka siap operasi. Dalam jangka pendek yang akan dilayani ialah angkutan mudik lebaran dan pelayanan haji 2018. Direktur Utama AirNav Indonesia Novie . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
MASTER
Games yang Melahirkan Seorang Utut Adianto

Bisnisnews.id – Buku pecatur legendaris Amerika Serikat, Bobby Fischer, yang berjudul My 60 Memorable Games ternyata memiliki sejarah dan cerita panjang yang melahirkan seorang atlet catur kebanggaaan Indonesia Utut Adianto.    Ada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
BOLA
Evan Dimas Berharap Kontrak Luis Milla Diperpanjang

Bisnisnews.id – Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono menjelaskan bahwa dirinya sangat mendukung Luis Milla Aspas terkait perpanjangan kontrak dirinya oleh PSSI. Seperti diketahui kontrak Milla akan habis setelah . . .
Selengkapnya