Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Politik / Berita

POLITIK
Senin, 22 Januari 2018 19:17 WIB

Lodewijk Freidrich Paulus, Baru di Politik lama di Militer, Berikut Perjalanan Karirnya



Bisnisnews.id - Lodewijk Freidrich Paulus, adalah sosok yang dipilih Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto sebagai Sekretarus Jenderal (Sekjen) menggantikan Idrus Marham yang saat ini masuk ke kabinet sebagai Menteri Sosial.

Masyarakat memang belum banyak tahu sosok Lodewijk. Karena hampir separuh usianya diabdikan di dunia militer dan kariernya di TNI, lebih banyak di Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Pria kelahiran Manado 1957 itu mengawali kariernya sebagai Komandan Peleton Kopassandha, yang nantinya berubah nama menjadi Kopassus, pada 1981. Bergabung dalam pasukan elit TNI AD, Lodewijk digembleng agar dapat menjalankan tugas-tugas Kopassus dengan kemampuan khusus bergerak cepat di segala medan, menembak cepat, melakukan pengintaian, dan kemampuan anti teror.

Lodewijk sempat menjabat sebagai Komandan Sat-81 Gultor, pasukan elit di tubuh Kopassus, pada 2001. Hingga akhirnya pada 2009, Lodewijk ditetapkan sebagai Komandan Jenderal Kopassus menggantikan Pramono Edhie Wibowo.

Jabatan terakhirnya di militer sebelum purna tugas ialah Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI Angkatan Darat. Dia juga sempat menjabat sebagai Pangdam I/Bukit Barisan.

Lodewijk bersama Samad Riyanto (mantan Wakil Ketua KPK) pada 2015 terpilih sebagai pimpinan di Tim Transisi Kemenpora.

Dalam politik, pria lulusan Akademi Militer tahun 1981 tersebut pada 2016 dipercaya menjabat sebagai Plt Ketua DPD Golkar Lampung. Saat itu Setya Novanto menugaskan Ludewijk meredam gejolak yang terjadi di Golkar Lampung.

Kala itu, DPD Golkar Lampung sempat memanas pasca pemberhentian Alzier Dianis Thabranie sebagai Ketua DPD Golkar Lampung. Karena Lodewijk dinilai berengalaman dan punya pengaruh karena pernah bertugas di Kodam I/ Bukit Barisan, mulai dari Asops Kasdam, Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam), hingga Pangdam I/Bukit Barisan. (Adhitio)

 

Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 21 April 2018
PESAWAT DELAY
Berikut Penjelasan Lion Group Soal Keterlambatan Puluhan Penerbangannya

Bisnisnews.id -   Puluhan penerbangan  Lion Air Group Sabtu (21/4/201) memgalami keterlambatan  (delayed) dari dan ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan (PLM) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya