Minggu, 20 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

BANDARA BARU
Selasa, 23 Januari 2018 08:46 WIB

AP II Percepat Penyelesaian Pembangunan BIJB di Kertajati


ilustrasi landasan pacu BIJB yang sedng dikebut pembangunannya.


Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (AP II) resmi menjadi operator pengelolaan penuh Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)  dengan kepemilikan saham korporasi 25 persen-49 persen.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaludin mengatakan, pihaknya akan mengoperasikan seluruh aset sisi darat dari BIJB termasuk terkait dengan Pelayanan Jasa Kebandarudaraan dan Pelayanan Jasa Terkait Bandara. Intinya, kata Awaludin, secara keseluruhan operasional BIJB akan dilaksanakan oleh AP II

Setelah resmi ditetapkan sebagai operator, PT AP II akan fokus pada tiga hal, yaitu Percepatan penyelesaian konstruksi proyek, percepatan operasi bandara untuk mendukung penerbangan angkutan haji pada Juni 2018 dan penambahan perpanjangan landas pacu dari 2500 m x 60 m menjadi 3000 m x 60 m.

Tahap awal operasi BIJB memiliki terminal berkapasitas lima juta penumpang per tahun dan direncanakan akan dikembangkan kapasitas ultimate-nya untuk dapat melayani 18 juta penumpang per tahun.

Penetapan AP II sebagai operator BIJB di Kerta Jati itu setelah ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama (PKS) Penyelenggaraan Jasa Kebandarudaraan di BIJB bersama dengan Pemerintah provinsi Jawa Barat.

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan secara bersama-sama antara Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Direktur Utama PT Bandara Udara Internasional Jawa Barat Virda Dimas Ekaputra yang disaksikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang P. S Brodjonegoro dan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, Senin (22/1/2018).

Dalam dokumen yang telah ditandatagani itu disebutkan, jangka waktu kerjasama operasi ini berlaku selama 17 tahun di mana AP II akan mengelola BIJB sampai dengan tahun 2035 dengan kepemilikan saham korporasi antara 25 persen - 49 persen. (Syam S)

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
INAPGOC
Asian Para Games 2018 Berjalan Aman

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengingatkan Ketua Umum Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC),  Raja Sapta  Oktohari  terkait persiapan keamanan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 20 Mei 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Runway Bandara Juanda Surabaya Amblas , puluhan Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Maskapai Lion Air mengumumkan, pelayanan penerbangan dari bandara Juanda Surabaya kembali normal setelah fasilitas landas pacu (runway) dinyatakan aman (safety) untuk proses lepas landas (take off) dan mendarat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
ASIAN PARA GAMES 2018
Menpora Apresiasi Kerja Keras INAPGOC

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). yang sejak tahun lalu telah menunjukan progress yang menggembirakan. . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
RESOLUSI PBB
AS dan Australia Menolak Penyelidikan Kejahatam Perang Israel Terhadap Palestina

Bisnisnews.id  -  Amerika Serikat  dan Australia menolak dlakukannya resolusi untuk mengirim tim investigasi  menyelididki pelanggaran yang dilakukan Israel di Palestina, khusunya Jalur Gaza. Rapat Dewan Khusus . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
SIDANG OKI
Wapres Jusuf Kalla Desak Hamas dan Fatah Bersatu dan Kompak

Bisnisnews.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Hamas dan Fatah bersatu dan mennyelesaikan konflik internal. Dengaan demikian, dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat . . .
Selengkapnya