Minggu, 18 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

REPUTASI MASKAPAI
Selasa, 23 Januari 2018 18:45 WIB

Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah


Pramugari AirAsia

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari.

June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia.

Tapi dia mengaku sangat terkejut dengan seragam pramugari AirAsia yang dinilai cukup terbuka sehingga dia menulis surat keluhan kepada seorang senator Malaysia.

Dia menulis, "Saya merasa cukup prihatin karena tidak semua orang bisa menghargai ini. Salah satu wanita Air Asia membungkuk di supermarket di Bandara Internasional Kuala Lumpur dan saya bisa melihat pakaian dalamnya, buruk!"

Dia mengklaim bahwa dalam penerbangan dari Auckland ke Kuala Lumpur pada bulan Oktober, dia melihat seorang pramugari blusnya terbuka dan saya bisa melihat bagian atas payudaranya". Dia sampai meminta pramugari untuk menutup jaketnya saat dia membungkuk.

Tapi dia mengatakan tidak bermasalah dengan pakaian pramugara, "Yang laki-laki berpakaian sangat terhormat dan sangat profesional."

Reaksi Pemerintah Malaysia
Menurut Malaysian Digest, surat yang kemudian viral di media sosial, ditujukan kepada senator Hanafi Mamat dari partai penguasa Umno.

Mamat telah menangani masalah ini bulan lalu, ketika dia menyarankan agar pemerintah memperkenalkan seragam sesuai shariah untuk pramugari yang melayani maskapai Malaysia, sesuai dengan keyakinan Muslim negara tersebut.

Menurutnya, wisatawan bisa mendapat kesan yang salah jika pramugari-pramugari berpakaian seksi dan tidak terhormat.

Mamat mengatakan, mendesain ulang seragam tersebut tidak akan merugikan perusahaan penerbangan karena kelangsungan hidup mereka bergantung pada kualitas layanan.

"Kami bangga bahwa Malaysia adalah negara Islam dengan identitas budayanya sendiri, namun saat pramugari penerbangan kami berpakaian seksi dan tidak hormat, ini akan mengesankan penerbangan nasional kami yang salah," tambahnya.

"Waktunya telah tiba bagi pemerintah untuk memberikan panduan seragam baru yang akan menggambarkan Malaysia sebagai negara Muslim dengan nilai-nilai Timur yang kuat."

Senator Abdullah Mat Yasim melangkah lebih jauh dan mengklaim bahwa seragam pramugari di AirAsia dan Firefly bisa "membangkitkan" penumpang.

Dia mengatakan bahwa pakaian yang mencolok tidak mencerminkan status Islam yang merupakan agama resmi Malaysia.

"Komisi Penerbangan Malaysia harus benar-benar melihat ini," Abdullah menambahkan. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Cuaca Ekstrim, Sektor Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso  mengingatkan  semua pihak di sektor penerbangan bersatu mentaati peraturan dalam menghadapi cuaca ekstrim di bulan Februari ini. Semua pihak . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KOMPETENSI
Pekerja Perkeretaapian Wajib Memiliki Sertifikat Keterampilan

Bisnisnews.id  -  Para petugas perkeretaapian diwajibkan mengikuti uji kelaikan  sesuai bidangnya masing-masing. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  mentargetkan, tahun ini sebanyak 2000 orang akan mendapatkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
IMO
Biaya Perawatan Prasana Kereta Api Tahun Ini Rp 1,3 Triliun

Bisnisnews.id - Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  tahun ini alokasikan anggaran Rp 1.3 triliun untuk biaya perawatan prasarana perkeretaapian atau  Infrastructure Maintenance and Operation (IMO). Biaya yang bersumber . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 16 Februari 2018
FASILITAS BANDARA
Area Parkir TOD M1 Soetta Beroperasi Maret 2018

Bisnisnews.id - PT Anglasa Pura II rampungkan pembangunan kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang dan  akan  beroperasi 1 Maret 2018 . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 16 Februari 2018
BOLA
Indosiar Kejar Rating Siaran Langsung Final Piala Presiden

Bisnisnews.id – Sebagai pemegang hak siar turnamen Piala Presiden, Indosiar telah memiliki target rating mencapai 40 persen. Mengingat animo masyarkat yang sangat tinggi terhadap laga penutup Piala Presiden 2018.   . . .
Selengkapnya