Minggu, 18 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

LAYANAN ONLINE
Kamis, 25 Januari 2018 06:29 WIB

Dirjen Laut Diberikan Waktu Dua Bulan Selesaikan Inaportnet Priok


ilustrasi

 

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi perintahkan Dirjen Perhubungan Laut dan jajarannya segera menerapkan sistem inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dirjen Perhubungan Laut juga diperintahkan, dalam dua bulan ini (Januari-Pebruari) harus sudah bisa mengimplementasikan Inaportnet secara penuh dan konsisten.

Penegasan disampaikan Menhub Budi secara terbuka dihadapan peserta seminar Inaportnet yang digelar oleh Kementerian Perhubungan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), Rabu (24/1/2018).

Targetnya, biaya di Pelabuhan Tanjung Priok bisa lebih murah dalam dua bulan kedepan. Lebih kompetitif, sistem yang lebih mudah, dan lebih transparan.

Terkait implementasi inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok diakui Menhub sistem ini memang tidak mudah diterima oleh pihak-pihat terkait. Untuk itu Menhub menyebut ada dua hal penting yang harus diperbaiki yaitu mindset dan culture (budaya) dari penggunanya.

"Saya ingin dua kata mindset dan culture, artinya apabila kita ada sistem lakukan secara total, dan juga menghargai apa yg sudah dibuat pemerintah pusat tentang INSW (Indonesia Nasional Single Window) dan juga berkaitan dengan yang namanya sistem yang ada di Tanjung Priok itu, mana yang paling bagus kita akan pakai, yang lain harus ikut itu," jelasnya.

Saat ini setidaknya terdapat 16 pelabuhan di Indonesia yang telah menerapkan sistem Inaportnet dalam kurun waktu tahun 2016 – 2017. Dengan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan pelayanan kapal di pelabuhan dan menyederhanakan prosedur yang ada di pelabuhan sehingga kegiatan di pelabuhan dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta dapat menurunkan biaya logistik.(Adhitio)

Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Cuaca Ekstrim, Sektor Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso  mengingatkan  semua pihak di sektor penerbangan bersatu mentaati peraturan dalam menghadapi cuaca ekstrim di bulan Februari ini. Semua pihak . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KOMPETENSI
Pekerja Perkeretaapian Wajib Memiliki Sertifikat Keterampilan

Bisnisnews.id  -  Para petugas perkeretaapian diwajibkan mengikuti uji kelaikan  sesuai bidangnya masing-masing. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  mentargetkan, tahun ini sebanyak 2000 orang akan mendapatkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
IMO
Biaya Perawatan Prasana Kereta Api Tahun Ini Rp 1,3 Triliun

Bisnisnews.id - Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  tahun ini alokasikan anggaran Rp 1.3 triliun untuk biaya perawatan prasarana perkeretaapian atau  Infrastructure Maintenance and Operation (IMO). Biaya yang bersumber . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 16 Februari 2018
FASILITAS BANDARA
Area Parkir TOD M1 Soetta Beroperasi Maret 2018

Bisnisnews.id - PT Anglasa Pura II rampungkan pembangunan kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang dan  akan  beroperasi 1 Maret 2018 . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 16 Februari 2018
BOLA
Indosiar Kejar Rating Siaran Langsung Final Piala Presiden

Bisnisnews.id – Sebagai pemegang hak siar turnamen Piala Presiden, Indosiar telah memiliki target rating mencapai 40 persen. Mengingat animo masyarkat yang sangat tinggi terhadap laga penutup Piala Presiden 2018.   . . .
Selengkapnya