Kamis, 24 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

LAYANAN ONLINE
Kamis, 25 Januari 2018 06:29 WIB

Dirjen Laut Diberikan Waktu Dua Bulan Selesaikan Inaportnet Priok


ilustrasi

 

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi perintahkan Dirjen Perhubungan Laut dan jajarannya segera menerapkan sistem inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dirjen Perhubungan Laut juga diperintahkan, dalam dua bulan ini (Januari-Pebruari) harus sudah bisa mengimplementasikan Inaportnet secara penuh dan konsisten.

Penegasan disampaikan Menhub Budi secara terbuka dihadapan peserta seminar Inaportnet yang digelar oleh Kementerian Perhubungan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), Rabu (24/1/2018).

Targetnya, biaya di Pelabuhan Tanjung Priok bisa lebih murah dalam dua bulan kedepan. Lebih kompetitif, sistem yang lebih mudah, dan lebih transparan.

Terkait implementasi inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok diakui Menhub sistem ini memang tidak mudah diterima oleh pihak-pihat terkait. Untuk itu Menhub menyebut ada dua hal penting yang harus diperbaiki yaitu mindset dan culture (budaya) dari penggunanya.

"Saya ingin dua kata mindset dan culture, artinya apabila kita ada sistem lakukan secara total, dan juga menghargai apa yg sudah dibuat pemerintah pusat tentang INSW (Indonesia Nasional Single Window) dan juga berkaitan dengan yang namanya sistem yang ada di Tanjung Priok itu, mana yang paling bagus kita akan pakai, yang lain harus ikut itu," jelasnya.

Saat ini setidaknya terdapat 16 pelabuhan di Indonesia yang telah menerapkan sistem Inaportnet dalam kurun waktu tahun 2016 – 2017. Dengan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan pelayanan kapal di pelabuhan dan menyederhanakan prosedur yang ada di pelabuhan sehingga kegiatan di pelabuhan dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta dapat menurunkan biaya logistik.(Adhitio)

Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
SINERGI BUMN
AP II dan AirNav Indonesia Tandatangani Kerjasama Jasa Kebandarudaraan

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) agau AP II bersinergi dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding . . .
Selengkapnya

 

Info Pasar  -  Rabu, 23 Mei 2018
PERDAGANGAN
harga Minyak Mentah Menurun

Bisnisnews.id - Harga minyak AS melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari tiga tahun di sesi sebelumnya. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
NAVIGASI
Bandara Kertajati Majalengka Siap Melayani Angkutan Haji

Bisnisnews.id - Sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka siap operasi. Dalam jangka pendek yang akan dilayani ialah angkutan mudik lebaran dan pelayanan haji 2018. Direktur Utama AirNav Indonesia Novie . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
MASTER
Games yang Melahirkan Seorang Utut Adianto

Bisnisnews.id – Buku pecatur legendaris Amerika Serikat, Bobby Fischer, yang berjudul My 60 Memorable Games ternyata memiliki sejarah dan cerita panjang yang melahirkan seorang atlet catur kebanggaaan Indonesia Utut Adianto.    Ada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
BOLA
Evan Dimas Berharap Kontrak Luis Milla Diperpanjang

Bisnisnews.id – Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono menjelaskan bahwa dirinya sangat mendukung Luis Milla Aspas terkait perpanjangan kontrak dirinya oleh PSSI. Seperti diketahui kontrak Milla akan habis setelah . . .
Selengkapnya