Kamis, 24 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

LOGISTIK
Senin, 29 Januari 2018 13:13 WIB

Aplikasi IMRK Optimalkan Muatan Kapal Tol Laut



Bisnisnews.id -  Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan siapkan aplikasi Informasi Muat Ruang Kapal (IMRK), untuk mengawasi     muatan kapal dalam program tol laut.

Aplikasi itu berisikan kuota dan prioritas muatan, jadwal, standar pelayanan serta penyediaan data valid dan lengkap untuk mempermudah pengambilan keputusan yang tepat dan accountable.

Sistem pengawasn itu,  menurut Direktur Lalulintas dan Angkutan Laut, Dwi Budi Sutrisno untuk lebih mengoptimalisasikan penyelenggaraan Tol Laut yang telah diintegrasikan dengan  program Rumah Kita (Sentra Logistik).

"Sebanyak 19 lokasi Rumah Kita atau sentra logistik disiapkan sebagai gudang logistik barang pokok dan penting yang menampung dan mendistribusikan barang logistik di wilayahnya," kata Dwi Budi, Senin (29/1/2018)

Dijelaskan, program tol laut ini harus melibatkan BUMN logistik yang lebih besar dalam membangun dan memaksimalkan program Rumah Kita. Yaitu dengan menggandeng Pemerintah Daerah melalui BUMD atau Koperasi disamping dominasi penggunaan ruang muat oleh BUMN

Kasubdit. Angkutan Laut Dalam Negeri, Capt. Wisnu Handoko menambahkan,  melalui aplikasi IMRK seluruh muatan kapal tol laut bisa terdeteksi. Mulai dari kuota dan prioritas muatan, jadwal, standar pelayanan serta penyediaan data valid dan lengkap untuk mempermudah pengambilan keputusan yang tepat dan accountable.

"IMRK ini sangat bermanfaat untuk operator kapal juga pemilik barang yang akan mendukung kesuksesan penyelenggaraan program tol laut," kata Wisnu Handoko.

Seperti diketahui, penanggungjawab Rumah Kita adalah BUMN di bidang transportasi laut seperti PT. Pelindo I untuk wilayah Nias dan Mentawai, PT. Pelindo II (Natuna dan Tahuna), PT. Pelindo III (Dompu, Waingapu, Rote dan Kalabahi), PT. Pelindo IV (Nabire, Tobelo, Sebatik, Tidore dan Sangatta/Lhoktuan),  PT. Pelni (Morotai, Saumlaki, Manokwari dan Timika) dan PT. ASDP (Merauke, Namlea).

Masing-masing Penanggungjawab Rumah Kita memiliki tugas menyiapkan rencana kerja dan fasilitas yang dibutuhkan untuk program Rumah Kita serta berkoordinasi dengan Pemda serta stakeholder terkait dengan kebutuhan dan pendistribusian barang pokok dan penting di daerah sekitar lokasi Rumah Kita khususnya daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan). (Adhitio)

Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
SINERGI BUMN
AP II dan AirNav Indonesia Tandatangani Kerjasama Jasa Kebandarudaraan

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) agau AP II bersinergi dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding . . .
Selengkapnya

 

Info Pasar  -  Rabu, 23 Mei 2018
PERDAGANGAN
harga Minyak Mentah Menurun

Bisnisnews.id - Harga minyak AS melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari tiga tahun di sesi sebelumnya. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
NAVIGASI
Bandara Kertajati Majalengka Siap Melayani Angkutan Haji

Bisnisnews.id - Sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka siap operasi. Dalam jangka pendek yang akan dilayani ialah angkutan mudik lebaran dan pelayanan haji 2018. Direktur Utama AirNav Indonesia Novie . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
MASTER
Games yang Melahirkan Seorang Utut Adianto

Bisnisnews.id – Buku pecatur legendaris Amerika Serikat, Bobby Fischer, yang berjudul My 60 Memorable Games ternyata memiliki sejarah dan cerita panjang yang melahirkan seorang atlet catur kebanggaaan Indonesia Utut Adianto.    Ada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
BOLA
Evan Dimas Berharap Kontrak Luis Milla Diperpanjang

Bisnisnews.id – Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono menjelaskan bahwa dirinya sangat mendukung Luis Milla Aspas terkait perpanjangan kontrak dirinya oleh PSSI. Seperti diketahui kontrak Milla akan habis setelah . . .
Selengkapnya