Minggu, 20 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Berita

PENDIDIKAN CHINA
Selasa, 30 Januari 2018 14:44 WIB

Viral, Ujian SD Kelas 5 Tidak Dapat Dipecahkan Siswa Dan Netizen


"Jika sebuah kapal memiliki 26 domba dan 10 kambing, berapa umur kapten kapal itu?" (BBC)

Bisnisnews.id - Pertanyaan yang tampaknya tidak terpecahkan pada ujian matematika di China telah membuat pelajar maupun warganet bingung.

Siswa SD di wilayah Shunqing China dihadapkan pada pertanyaan "Jika sebuah kapal memiliki 26 domba dan 10 kambing, berapa umur kapten kapal itu?"

Pertanyaan itu muncul di ujian kelas lima kelas baru-baru ini, yang ditujukan untuk anak-anak sekitar usia 11 tahun.

Pertanyaan, bersamaan dengan usaha para siswa untuk menjawab, muncul minggu ini di media sosial China, di mana hal itu memicu perdebatan dan viral.

Pejabat pendidikan kemudian mengatakan bahwa pertanyaan tersebut bukanlah sebuah kesalahan, namun dimaksudkan untuk menyoroti pemikiran kritis.

"Kapten setidaknya berusia 18 tahun karena dia harus dewasa untuk mengemudikan kapal," jawab seorang siswa.

"Kapten adalah 36, karena 26 + 10 adalah 36 dan kapten ingin jumlah binatang sesuai usianya," tebak lain.

Seorang siswa menyerah begitu saja: "Usia kapten adalah ... saya tidak tahu, saya tidak bisa menyelesaikan ini."

"Pertanyaan ini sama sekali tidak masuk akal, apakah guru tahu jawabannya?" kata salah satu commenter di Weibo, sebuah platform microblogging Cina.

"Jika sebuah sekolah memiliki 26 guru, 10 di antaranya tidak bisa berpikir, berapa umur kepala sekolah?" sinis yang lain.

Namun ada yang membela sekolah tersebut: "Intinya adalah membuat para siswa berpikir," komentar satu orang.

"Pertanyaan ini memaksa anak-anak untuk menjelaskan pemikiran mereka dan menjadi kreatif. Kita harus memiliki lebih banyak pertanyaan seperti ini," kata yang lain.

Departemen Pendidikan Shunqing mengeluarkan sebuah pernyataan pada tanggal 26 Januari mengatakan bahwa tes tersebut dimaksudkan untuk memeriksa kesadaran kritis dan kemampuan berpikir independen.

"Beberapa survei menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar di negara kita tidak memiliki kesadaran kritis mengenai matematika," katanya.

Metode pendidikan tradisional Tiongkok sangat menekankan pada pencatatan dan pengulangan, yang dikenal sebagai pembelajaran hafalan, yang menurut para kritikus menghalangi pemikiran kreatif.

Tapi departemen tersebut mengatakan pertanyaan itu memungkinkan siswa untuk menentang batas dan memikirkannya di luar kotak.

Dilansir BBC, tetap selalu ada satu orang yang kelihatan memiliki semua jawabannya.

"Bobot total 26 domba dan 10 kambing adalah 7.700 kg, berdasarkan berat rata-rata setiap hewan," kata seorang komentator Weibo.

"Di China, jika Anda mengendarai kapal yang memiliki muatan lebih dari 5.000 kg, Anda harus memiliki lisensi kapal selama lima tahun. Usia minimum untuk mendapatkan lisensi kapal adalah 23, jadi setidaknya dia 28." (marloft)

Baca Juga

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
INAPGOC
Asian Para Games 2018 Berjalan Aman

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengingatkan Ketua Umum Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC),  Raja Sapta  Oktohari  terkait persiapan keamanan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 20 Mei 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Runway Bandara Juanda Surabaya Amblas , puluhan Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Maskapai Lion Air mengumumkan, pelayanan penerbangan dari bandara Juanda Surabaya kembali normal setelah fasilitas landas pacu (runway) dinyatakan aman (safety) untuk proses lepas landas (take off) dan mendarat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
ASIAN PARA GAMES 2018
Menpora Apresiasi Kerja Keras INAPGOC

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). yang sejak tahun lalu telah menunjukan progress yang menggembirakan. . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
RESOLUSI PBB
AS dan Australia Menolak Penyelidikan Kejahatam Perang Israel Terhadap Palestina

Bisnisnews.id  -  Amerika Serikat  dan Australia menolak dlakukannya resolusi untuk mengirim tim investigasi  menyelididki pelanggaran yang dilakukan Israel di Palestina, khusunya Jalur Gaza. Rapat Dewan Khusus . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
SIDANG OKI
Wapres Jusuf Kalla Desak Hamas dan Fatah Bersatu dan Kompak

Bisnisnews.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Hamas dan Fatah bersatu dan mennyelesaikan konflik internal. Dengaan demikian, dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat . . .
Selengkapnya