Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Berita

PENDIDIKAN CHINA
Selasa, 30 Januari 2018 14:44 WIB

Viral, Ujian SD Kelas 5 Tidak Dapat Dipecahkan Siswa Dan Netizen


"Jika sebuah kapal memiliki 26 domba dan 10 kambing, berapa umur kapten kapal itu?" (BBC)

Bisnisnews.id - Pertanyaan yang tampaknya tidak terpecahkan pada ujian matematika di China telah membuat pelajar maupun warganet bingung.

Siswa SD di wilayah Shunqing China dihadapkan pada pertanyaan "Jika sebuah kapal memiliki 26 domba dan 10 kambing, berapa umur kapten kapal itu?"

Pertanyaan itu muncul di ujian kelas lima kelas baru-baru ini, yang ditujukan untuk anak-anak sekitar usia 11 tahun.

Pertanyaan, bersamaan dengan usaha para siswa untuk menjawab, muncul minggu ini di media sosial China, di mana hal itu memicu perdebatan dan viral.

Pejabat pendidikan kemudian mengatakan bahwa pertanyaan tersebut bukanlah sebuah kesalahan, namun dimaksudkan untuk menyoroti pemikiran kritis.

"Kapten setidaknya berusia 18 tahun karena dia harus dewasa untuk mengemudikan kapal," jawab seorang siswa.

"Kapten adalah 36, karena 26 + 10 adalah 36 dan kapten ingin jumlah binatang sesuai usianya," tebak lain.

Seorang siswa menyerah begitu saja: "Usia kapten adalah ... saya tidak tahu, saya tidak bisa menyelesaikan ini."

"Pertanyaan ini sama sekali tidak masuk akal, apakah guru tahu jawabannya?" kata salah satu commenter di Weibo, sebuah platform microblogging Cina.

"Jika sebuah sekolah memiliki 26 guru, 10 di antaranya tidak bisa berpikir, berapa umur kepala sekolah?" sinis yang lain.

Namun ada yang membela sekolah tersebut: "Intinya adalah membuat para siswa berpikir," komentar satu orang.

"Pertanyaan ini memaksa anak-anak untuk menjelaskan pemikiran mereka dan menjadi kreatif. Kita harus memiliki lebih banyak pertanyaan seperti ini," kata yang lain.

Departemen Pendidikan Shunqing mengeluarkan sebuah pernyataan pada tanggal 26 Januari mengatakan bahwa tes tersebut dimaksudkan untuk memeriksa kesadaran kritis dan kemampuan berpikir independen.

"Beberapa survei menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar di negara kita tidak memiliki kesadaran kritis mengenai matematika," katanya.

Metode pendidikan tradisional Tiongkok sangat menekankan pada pencatatan dan pengulangan, yang dikenal sebagai pembelajaran hafalan, yang menurut para kritikus menghalangi pemikiran kreatif.

Tapi departemen tersebut mengatakan pertanyaan itu memungkinkan siswa untuk menentang batas dan memikirkannya di luar kotak.

Dilansir BBC, tetap selalu ada satu orang yang kelihatan memiliki semua jawabannya.

"Bobot total 26 domba dan 10 kambing adalah 7.700 kg, berdasarkan berat rata-rata setiap hewan," kata seorang komentator Weibo.

"Di China, jika Anda mengendarai kapal yang memiliki muatan lebih dari 5.000 kg, Anda harus memiliki lisensi kapal selama lima tahun. Usia minimum untuk mendapatkan lisensi kapal adalah 23, jadi setidaknya dia 28." (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya