Minggu, 18 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

INFRASTRUKTUR
Minggu, 04 Februari 2018 18:40 WIB

Pemerintah Genjot Pembangunan Cargo Vilage Bandara Soetta


Maket cargo vilage bandara Soekarno-Hatta

Bisnisnews.id - Pemerintah genjot pembangunan cargo village, di Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas  hingga 1,5 juta ton per tahun, atau naik  dua kali lipat dari terminal kargo yang ada saat ini hanya menampung 700 ribu ton.

Kawasan pergudangan atau Cargo vilage itu sendiri akan dibangun dalam dua tahap. Yakni,  tahun 2018 dan tahun 2019 dengan luas area 90 hektar.

Proyek tersebut kini tengah digarap  PT Angkasa Pura II, berupa pembangunan appron  seluas 18.000 meter persegi yang terhubung langsung ke lini satu warehouse atau gidang cargo village.

Targetnya,  akhir April ini akan selesai dan sisanya 35 hektar sudah clear untuk pembangunan warehouse dan bangunan penunjang lainnya.

Rencana pembangunan cargo vilage, menurut Menteri Perhubungam Budi Karya Sumadi telah dibahas dalam  rapat kerja antara Menhub Budi dengan Perum AirNav dan PT Angkasa Pura II, Sabtu (3/2/2018) di Bandara Internasional Soekarno - Hatta Banten.

Dalam rapat itu dijelaskan, cargo vilage nantinya akan dijelola langsung oleh sejumlah anak usaha milik PT Angkasa Pura II dan mitranya sebagai strategic partner.

"Kita akan mencari strategic partner. Tentunya kita ingin sekali pergerakan kargo kita ke destinasi akhir itu memang terjadi. Jangan kita hanya ke negara-negara yang dekat sehingga kita tidak dapat memaksimalkan export kita,” ujar Menhub.

Dalam rapat juga dibahas people mover (skytrain). Menurutnya saat ini depo untuk people mover akan selesai sehingga dapat difungsikan untuk repair dan lain sebagainya. Menhub juga meminta AP II untuk membuat headway people mover lebih pendek.

Sedangkan untuk kereta bandara, Menhub meminta waktu tempuh dipangkas dari 55 menit menjadi 38 menit.

Kaitannya dengan kereta bandara sekarang ini memang 55 menit, dalam waktu dekat akan menjadi 38 menit. Yang jelas ada teknis teknis operasi yang mempercepatnya.

"Dan kita juga akan mengintensifkan yang dari Batu Ceper ke bandara. Karena banyak sekali pekerja. Kalau pekerja itu dapat menggunakan kereta bandara, tentu akan mengurangi kepadatan lalu lintas dari dan ke bandara. Ini berjalan dengan baik dan animonya sangat baik," jelasnya.(Syam S)



 

Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Cuaca Ekstrim, Sektor Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso  mengingatkan  semua pihak di sektor penerbangan bersatu mentaati peraturan dalam menghadapi cuaca ekstrim di bulan Februari ini. Semua pihak . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KOMPETENSI
Pekerja Perkeretaapian Wajib Memiliki Sertifikat Keterampilan

Bisnisnews.id  -  Para petugas perkeretaapian diwajibkan mengikuti uji kelaikan  sesuai bidangnya masing-masing. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  mentargetkan, tahun ini sebanyak 2000 orang akan mendapatkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
IMO
Biaya Perawatan Prasana Kereta Api Tahun Ini Rp 1,3 Triliun

Bisnisnews.id - Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  tahun ini alokasikan anggaran Rp 1.3 triliun untuk biaya perawatan prasarana perkeretaapian atau  Infrastructure Maintenance and Operation (IMO). Biaya yang bersumber . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 16 Februari 2018
FASILITAS BANDARA
Area Parkir TOD M1 Soetta Beroperasi Maret 2018

Bisnisnews.id - PT Anglasa Pura II rampungkan pembangunan kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang dan  akan  beroperasi 1 Maret 2018 . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 16 Februari 2018
BOLA
Indosiar Kejar Rating Siaran Langsung Final Piala Presiden

Bisnisnews.id – Sebagai pemegang hak siar turnamen Piala Presiden, Indosiar telah memiliki target rating mencapai 40 persen. Mengingat animo masyarkat yang sangat tinggi terhadap laga penutup Piala Presiden 2018.   . . .
Selengkapnya