Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Metropolitan / Jabodetabek / Berita

BANJIR
Senin, 05 Februari 2018 10:26 WIB

Debit Air Bendung Katulampa Terus Naik



Bisnisnews.id - Guyuran hujan yang terjadi sejak  Minggu (4/2/2018) membuat debit permukaan air sungai Ciliwung naik. Di bendung Katulampa Bogor pada pukul 08.30 mencapai 220 centimeter atau berstatus siaga 1.

Air yerus naik dan pada pukul 09.05, ketinggian naik menjadi 240 centimeter dan hujan masih berlangsung di wilayah Bogor sehingga ada kemungkinan debit naik.

“Dengan stasus Siaga 1, Bendung Katulampa maka warga di sekitar Sungai Ciliwung diimbau untuk waspada," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers, Senin (5/2/2018).

Sutopo mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah bantaran Sungai Ciliwung di wilayah Bogor agar tidak melakukan aktivitas di sungai, seperti di:

-Katulampa

-Sukasari

-Barangsiang

-Babakan Pasar

-Sempur-

-Pabaton

-Kedung Badak,

-Kedung Halang.

Begitu juga masyarakat di sekitar bantaran Sungai Ciliwung di daerah Depok,

Dalam sembilan jam ke depan, debit air diperkirakan akan sampai ke Pintu Air Manggarai, Jakarta dan air akan menggenangi bantaran sungai antara lain di:

- Srengseng Sawah
- Rawajati
- Kalibata
- Pengadegan
- Pejaten Timur
- Kebon Baru
- Bukit Duri
- Balekambang
- Cililitan
- Cawang
- Bidara Cina
- Kampung Melayu

Namun, BNPB memperkirakan banjir tidak meluas karena hujan tidak merata serta sungai lain di ibu kota, antar lain Kali Krukut, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Karet, dan Kali Pesanggrahan berada di level normal.

BPBD Kabupaten Bogor dan BPBD DKI Jakarta telah menyebarkan informasi peringatan dini banjir kepada masyarakat, aparat Lurah dan Kecamatan. Peralatan, logistik, dan personil juga disiapkan untuk melakukan antisipasi banjir.

Sutopo juga mengingkatkan, Februari adalah puncak hujan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Potensi banjir akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya curah hujan. Masyarakat diimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi banjir dan genangan.(Adhitio)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya