Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Kesehatan / Berita

HASIL STUDI
Selasa, 06 Februari 2018 22:39 WIB

Gabungan Teh Panas, Rokok dan Alkohol Sebabkan Kanker Kerongkongan



Bisnisnews.id - Merokok dan minum terlalu banyak alkohol meningkatkan resiko terkena kanker esofagus, yang mempengaruhi pipa yang menghubungkan tenggorokan ke perut. Kini, sebuah studi baru yang diterbitkan Senin (5/2) di Annals of Internal Medicine menemukan gaya hidup lain terkait kanker: minum teh panas, ditambah orang tersebut juga merokok dan minum alkohol.

Di antara orang-orang yang merokok secara teratur dan minum alkohol setidaknya satu gelas per hari, minum teh panas dikaitkan dengan risiko lenih tinggi lima kali terkena kanker kerongkongan. Namun, pada orang-orang yang tidak memiliki dua sifat buruk itu, minum teh tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kanker.

"Kami menemukan bahwa hubungan antara konsumsi teh suhu tinggi dan risiko kanker kerongkongan yang bergantung pada konsumsi alkohol dan tembakau," kata Jun Lv, profesor epidemiologi dan biostatistik di Sekolah Kesehatan Masyarakat Peking di China.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menganalisis data dari lebih 456.000 orang dewasa China antara usia 30 dan 79 tahun yang tidak menderita kanker pada awal penelitian. Orang-orang diminta menjawab pertanyaan tentang konsumsi teh, alkohol dan rokok mereka. Kemudian peneliti meneliti orang-orang selama sekitar 9 tahun untuk melihat berapa banyak kanker esofagus.

Para periset menemukan bahwa orang yang rutin minum teh panas, merokok dan minum alkohol memiliki risiko kanker kerongkongan tertinggi. Mereka yang rutin minum teh dan minum alkohol atau merokok juga memiliki risiko terkena kanker, tapi tidak begitu hebat. Orang yang hanya minum teh panas ternyata tidak mengalami peningkatan signifikan risiko kanker.

Penelitian ini hanya bersifat observasional, sehingga hubungan sebab dan akibat tidak dapat ditentukan. Namun penulis berspekulasi bahwa teh panas dapat merusak jaringan yang melapisi kerongkongan, yang dapat meningkatkan kemungkinan cedera seperti merokok dan minum. Cara lainnya adalah teh panas dapat menyebabkan risiko kanker melalui pembentukan senyawa peradangan, yang terjadi setelah iritasi berulang pada kerongkongan.

Temuan menunjukkan bahwa teh dapat menyebabkan pembentukan kanker pada keadaan yang tepat, kata Lv, tapi mungkin bukan faktor utama. "Penting untuk menjauhkan diri dari teh bersuhu tinggi pada konsumen alkohol dan perokok demi pencegahan kanker esofagus," tulis Lv seperti dikutip dari Time Health.

"Tentu saja, menjauhkan diri dari tembakau dan penggunaan alkohol yang berlebihan adalah cara yang paling penting untuk pencegahan kanker kerongkongan." (marloft)

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya