Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

DIPLOMATIK
Rabu, 07 Februari 2018 09:40 WIB

Atase Perhubungan Diperintahkan Aktif Dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Luar Negeri


Para taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Marunda Jakarta


Bisnisnews.id - Para atase perhubungan di sejumlah negara mendapat tugas baru oleh Menteri perhubungan Budi Krya Sumadi. Yakni, ikut berperan aktif dalam penyerapan tenaga kerja lulusan sekolah-sekolah Perhubungan khususnya, para pelaut di luar negeri.

Peran aktif para atase sangat dibutuhkan, mengingat Indonesia memiliki potensi tenaga kerja bidang aviasi dan pelaut yanng sangat besar.

Para atase Perhubungan itu diminta lebih mengintensifkan komunikasinya keada seluruh pemangku kepentingan di masing-masing negara. Tujuannya, agar tenaga kerja Indonesia di luar, semakin banyak.

"Indonesia mempunyai potensi tenaga-tenaga kerja di bidang aviasi, pilot, dll. Saya minta juga tidak hanya Atase Perhubungan di Singapura tetapi juga di Malaysia, Belanda, Inggris, Amerika, Jepang untuk secara intensif (berkomunikasi) supaya tenaga kerja di luar itu semakin banyak,” kata Menhub di Singapura dalam keterangan tertulisnya yan diterima Bisnisnews.id, Rabu (7/2/2018).

Saat ini Atase Perhubungan di Singapura telah melakukan pendekatan dengan perusahaan perkapalan di Singapura. "Kalau di Singapura pihak Atase sudah melakukan komunikasi, sudah ada permintaan dalam kisaran 10-50 orang dimana kebanyakan permintaan di sektor maritim kalau sektor udara itu perlu dilakukan suatu penjajakan terlebih dahulu," jelasnya.

Menhub mencatat saat ini ada kurang lebih 400 ribu orang tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sektor maritim. Namun katanya jumlah ini masih kalah dengan tenaga kerja sektor maritim asal Filipina. Akan tetapi Menhub yakin tenaga kerja sektor maritim dari Indonesia jauh lebih memenuhi kompetensi yang sudah diakui luar negeri.

"Saya pikir sekolah Perhubungan yang jumlahnya lebih dari 20 ini sanggup mensuplai bukan saja di Indonesia tapi juga untuk di negara-negara maju dan kita memang dapat suatu kualifikasi yang baik dari internasional," ujar Menhub.

Akan tetapi diakui Menhub jika lulusan dari sekolah-sekolah Perhubungan masih perlu di tingkatkan lagi kemampuannya terlebih dalam hal komunikasi bahasa asing dan digital. Terkait rencana ini Menhub menyebut dalam waktu dekat akan ada kerjasama antara Kementerian Perhubungan dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Menhub berharap pada tahun 2018 paling tidak ada 50 ribu tenaga kerja sektor maritim yang akan dikirim ke luar negeri. Dalam waktu 2 tahun Menhub menargetkan akan ada 500 ribu calon tenaga kerja sektor maritim yang terserap di sejumlah perusahaan di luar negeri.(Adhitio)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya