Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

TERORIS
Jumat, 09 Februari 2018 16:58 WIB

Dua Dari Empat Algojo ISIS Terkenal Sadis Ditangkap di Suriah Timur


Mohammed Emwazi, (kanan) algojo ISIS yang terkenal sadis dan hobi memenggal kepala sanderanya, dikhabarkan algojo sadis iti sudah tewas.  (Reuters)

Bisnisnews.id - Dua dari empat algojo ISIS  yang paling sadis dikhabarkan telah ditangkap Pasukan Demokratik Suriah  di kawasan Suriah timur. Empat kawanan sadis ini dikenal dengan sebutan "The Beatles" karena kemampuannya berkomunikasi dengan berbahasa Inggris yang kental.

Algojo ISIS ini dalam melakukan penyiksaan dengan cara sangat sadis. Para sandera yang menjadi tawanannya  selain disetrum, disalib dan diteteskan air  di atas kepala juga dipenggal kepalanya dengan direkam video, terutama para sandera yang berasal dari barat.

Kedua militan ISIS yang tertangkap itu pertama kali diberitakan New York Times, dan diidentifikasi sebagai Alexanda Kotey dan El Shafee Elsheikh.

Kolonel John Thomas, juru bicara Komando Tengah AS, menyatakan pasukan AS telah membantu mengidentifikasi para militan sekaligus menginterogasinya.

"Namun sejauh ini tidak ada informasi yang didapatkan," kata Thomas.

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) lain yang namanya tidak mau disebutkan seperti laporkan Reuters  menyatakan bahwa Pasukan Demokratik Suriah menangkap keduanya di Suriah timur awal Januari lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, koalisi pimpinan AS berhasil  menghalau ISIS dari sebagian besar wilayah Irak dan Suriah yang dikuasainya. Sayangnya, pemimpin  ISIS  Abu Bakr Al-Baghdadi dinyatajan  masih buron.

Pada Januari 2017 Departemen Luar Negeri AS menjatuhkan sanksi kepada Kotey dengan mengatakan militan ini adalah penjaga "The Beatles" dan "kemungkinan terlibat dalam eksesusi dan metode penyiksaan brutal. Diantaranya dengan menyetrum dan waterboarding (meneteskan air pelan-pelan ke kepala tawanan). Kotey juga menjadi perekrut beberapa warga Inggris untuk bergabung dengan ISIS.

Deplu AS juga menerapkan sanksi kepada Elsheikh pada Maret 2017, karena mempunyai reputasi gelap dalam waterboarding, eksekusi disertai olok-olok, dan penyaliban sewaktu menjaga penjara ISIS.

Yang paling kejam dari empat sekawan teroris ISIS The Beatles ini adalah Mohammed Emwazi yang dikenal dengan sebutan "Jihadi John".

Emwazi disebut-sebut sudah tewas oleh serangan militer AS.  Dia adalah orang yang tampil pada video pemenggalan dua wartawan AS Steven Sotloff dan James Foley, pekerja bantuan AS Abdul-Rahman Kassig, pekerja bantuan Inggris David Haines dan Alan Henning, serta wartawan Jepang Kenji Goto, dan lainnya. (Adhitio)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya