Kamis, 24 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

PUNCAK HPN 2018
Jumat, 09 Februari 2018 18:24 WIB

Presiden Jokowi Tidak Percaya Media Massa Tergusur Medsos


Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato pada puncak Hari Pers Nasional 2018 yang dipusatkan di Danau Cimpago, Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).  (Foto:BN)

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak percaya, dimasa depan media massa akan runtuh tergerus media sosial. Namun ditengah derasnya media sosial,  pers justeru semakin dibutuhkan sebagai pilar penegak untuk menyampaikan kebenaran.

Ungkapan itu disampaikan Presiden Jokow saat menyampaikan pidato pada puncak Hari Pers Nasional di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).  Jokowi  akui dalam lima tahun terakhir banyak analisis menyampaikan seperti itu.

" Saya percaya di tengah melimpahnya informasi, pers justeru semakin dibutuhkan menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran.  Pilar penegak fakta, sebagai  penegak aspirasi masyarakat," jelasnya.

Dalam pidatonya Presiden Jokowi percaya media massa ke depan akan mengambil peran dalam membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru, memotret masyarakat yang bergerak cepat dan semakin efisien.

Masyarakat seperti itulah yang menurut Presiden tengah melahirkan revolusi industri berbasis pada digitalisasi, kekuatan komputasi, dan analitik data.

Karena itu, Presiden Jokowi berharap para insan pers Indonesia harus  menjadi penyalur kebenaran, penyalur fakta, sekaligus penyalur aspirasi masyarakat.

"Selamat Hari Pers Nasional 2018," ucal Jokowi.

Hadir sejumlah menteri pada puncak Hari Pers Nasional itu. Diantaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan Djalil dan Mensteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Hadir pula Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono, dan sejumlah insan pers se-Indonesia.

HPN Sumatera Barat 2018 dilaksanakan secara bersama-sama oleh Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Satu hari sebelum luncak acara Hari Pers Nasional,  Kamis (8/2/2018) dilakukan prosesi makan bajamba di halaman Museum Adityawarman, Kota Padang, Sumatra Barat ikuti ribuan orang, wartawan dan masyarakat setempat.

Tersaji sekitar 300 jamba, masing-masing jamba untuk enam orang, yang disediakan dalam prosesi makan bajamba. (Syam S)



 .

 

Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
SINERGI BUMN
AP II dan AirNav Indonesia Tandatangani Kerjasama Jasa Kebandarudaraan

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) agau AP II bersinergi dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding . . .
Selengkapnya

 

Info Pasar  -  Rabu, 23 Mei 2018
PERDAGANGAN
harga Minyak Mentah Menurun

Bisnisnews.id - Harga minyak AS melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari tiga tahun di sesi sebelumnya. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
NAVIGASI
Bandara Kertajati Majalengka Siap Melayani Angkutan Haji

Bisnisnews.id - Sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka siap operasi. Dalam jangka pendek yang akan dilayani ialah angkutan mudik lebaran dan pelayanan haji 2018. Direktur Utama AirNav Indonesia Novie . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
MASTER
Games yang Melahirkan Seorang Utut Adianto

Bisnisnews.id – Buku pecatur legendaris Amerika Serikat, Bobby Fischer, yang berjudul My 60 Memorable Games ternyata memiliki sejarah dan cerita panjang yang melahirkan seorang atlet catur kebanggaaan Indonesia Utut Adianto.    Ada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
BOLA
Evan Dimas Berharap Kontrak Luis Milla Diperpanjang

Bisnisnews.id – Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono menjelaskan bahwa dirinya sangat mendukung Luis Milla Aspas terkait perpanjangan kontrak dirinya oleh PSSI. Seperti diketahui kontrak Milla akan habis setelah . . .
Selengkapnya