Minggu, 18 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

PERTANIAN
Senin, 12 Februari 2018 09:58 WIB

Produksi Kedelai Sultra Terus Menurun



Bisnisnews.id - Hasil pertanjan kedelai di Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menurun dari 16.000 ton tahun 2016 menjadi  7.000 ton tahun 2017, dikhawatirkan akan terus menurun di 2018 ini.

Penurunan itu sendiri terjadi akibat berubahnya pila tanam petani di daerah itu yang lebih tertarik membudidayakan tanaman jagung dan padi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Nasir, mengatakan produksi tanaman kedelai di daerah itu pada tahun 2017 mengalami penurunan yang drastis dibanding tahun 2016.

"Produksi kedelai tahun 2017 hanya 7.000 ton sedangkan produksi kedelai tahun 2016 sebanyak 16.000 ton," kata Muhammad Nasir, di Kendari, Minggu, seperti dilansir Antaranews.

Dia mengatakan, menurunnya produksi tanaman kedelai daerah itu karena terpengaruh dari kultur masyarakat setempat yang lebih tertarik membudidayakan tanaman jagung dan padi.

"Sedangkan tanaman kedelai hanya lebih banyak diminati untuk dibudidayakan oleh penduduk transmigrasi," katanya.

Selain itu kata dia bantuan pemerintah pusat untuk pengembangan kedelai tahun 2017 di daerah itu sangat minim atau tidak sebesar dari alokasi tahun sebelumnya.

"Karena tahun ini kami hanya mendapatkan alokasi bantuan dari pusat seluas lima ribu hektare," katanya.

Meskipun demikian kata Nasir, tahun ini akan mendorong petani untuk meningkatkan produksi kedelai dengan cara memperluas areal tanam. (Adhitio)

"

Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Cuaca Ekstrim, Sektor Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso  mengingatkan  semua pihak di sektor penerbangan bersatu mentaati peraturan dalam menghadapi cuaca ekstrim di bulan Februari ini. Semua pihak . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KOMPETENSI
Pekerja Perkeretaapian Wajib Memiliki Sertifikat Keterampilan

Bisnisnews.id  -  Para petugas perkeretaapian diwajibkan mengikuti uji kelaikan  sesuai bidangnya masing-masing. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  mentargetkan, tahun ini sebanyak 2000 orang akan mendapatkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
IMO
Biaya Perawatan Prasana Kereta Api Tahun Ini Rp 1,3 Triliun

Bisnisnews.id - Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  tahun ini alokasikan anggaran Rp 1.3 triliun untuk biaya perawatan prasarana perkeretaapian atau  Infrastructure Maintenance and Operation (IMO). Biaya yang bersumber . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 16 Februari 2018
FASILITAS BANDARA
Area Parkir TOD M1 Soetta Beroperasi Maret 2018

Bisnisnews.id - PT Anglasa Pura II rampungkan pembangunan kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang dan  akan  beroperasi 1 Maret 2018 . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 16 Februari 2018
BOLA
Indosiar Kejar Rating Siaran Langsung Final Piala Presiden

Bisnisnews.id – Sebagai pemegang hak siar turnamen Piala Presiden, Indosiar telah memiliki target rating mencapai 40 persen. Mengingat animo masyarkat yang sangat tinggi terhadap laga penutup Piala Presiden 2018.   . . .
Selengkapnya