Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

PERTANIAN
Senin, 12 Februari 2018 09:58 WIB

Produksi Kedelai Sultra Terus Menurun



Bisnisnews.id - Hasil pertanjan kedelai di Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menurun dari 16.000 ton tahun 2016 menjadi  7.000 ton tahun 2017, dikhawatirkan akan terus menurun di 2018 ini.

Penurunan itu sendiri terjadi akibat berubahnya pila tanam petani di daerah itu yang lebih tertarik membudidayakan tanaman jagung dan padi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Nasir, mengatakan produksi tanaman kedelai di daerah itu pada tahun 2017 mengalami penurunan yang drastis dibanding tahun 2016.

"Produksi kedelai tahun 2017 hanya 7.000 ton sedangkan produksi kedelai tahun 2016 sebanyak 16.000 ton," kata Muhammad Nasir, di Kendari, Minggu, seperti dilansir Antaranews.

Dia mengatakan, menurunnya produksi tanaman kedelai daerah itu karena terpengaruh dari kultur masyarakat setempat yang lebih tertarik membudidayakan tanaman jagung dan padi.

"Sedangkan tanaman kedelai hanya lebih banyak diminati untuk dibudidayakan oleh penduduk transmigrasi," katanya.

Selain itu kata dia bantuan pemerintah pusat untuk pengembangan kedelai tahun 2017 di daerah itu sangat minim atau tidak sebesar dari alokasi tahun sebelumnya.

"Karena tahun ini kami hanya mendapatkan alokasi bantuan dari pusat seluas lima ribu hektare," katanya.

Meskipun demikian kata Nasir, tahun ini akan mendorong petani untuk meningkatkan produksi kedelai dengan cara memperluas areal tanam. (Adhitio)

"

 

Industri  -  Sabtu, 21 April 2018
PESAWAT DELAY
Berikut Penjelasan Lion Group Soal Keterlambatan Puluhan Penerbangannya

Bisnisnews.id -   Puluhan penerbangan  Lion Air Group Sabtu (21/4/201) memgalami keterlambatan  (delayed) dari dan ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan (PLM) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya