Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

PERTANIAN
Senin, 12 Februari 2018 09:58 WIB

Produksi Kedelai Sultra Terus Menurun



Bisnisnews.id - Hasil pertanjan kedelai di Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menurun dari 16.000 ton tahun 2016 menjadi  7.000 ton tahun 2017, dikhawatirkan akan terus menurun di 2018 ini.

Penurunan itu sendiri terjadi akibat berubahnya pila tanam petani di daerah itu yang lebih tertarik membudidayakan tanaman jagung dan padi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Nasir, mengatakan produksi tanaman kedelai di daerah itu pada tahun 2017 mengalami penurunan yang drastis dibanding tahun 2016.

"Produksi kedelai tahun 2017 hanya 7.000 ton sedangkan produksi kedelai tahun 2016 sebanyak 16.000 ton," kata Muhammad Nasir, di Kendari, Minggu, seperti dilansir Antaranews.

Dia mengatakan, menurunnya produksi tanaman kedelai daerah itu karena terpengaruh dari kultur masyarakat setempat yang lebih tertarik membudidayakan tanaman jagung dan padi.

"Sedangkan tanaman kedelai hanya lebih banyak diminati untuk dibudidayakan oleh penduduk transmigrasi," katanya.

Selain itu kata dia bantuan pemerintah pusat untuk pengembangan kedelai tahun 2017 di daerah itu sangat minim atau tidak sebesar dari alokasi tahun sebelumnya.

"Karena tahun ini kami hanya mendapatkan alokasi bantuan dari pusat seluas lima ribu hektare," katanya.

Meskipun demikian kata Nasir, tahun ini akan mendorong petani untuk meningkatkan produksi kedelai dengan cara memperluas areal tanam. (Adhitio)

"

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya