Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hukum / Berita

PENCURIAN IKAN
Senin, 12 Februari 2018 14:51 WIB

Menteri Susi: Sikap Pemerintah Sudah Tepat dan Jelas


Penyelundup 1 ton narkoba tahun 2017 yang menggunakan kapal penangkap ikan

Bisnisnews.id - Pencurian ikan di perairan Indonesia harus terus diperangi karena sudah ditumpangi dengan kejahatan penyelundupan narkoba.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, memgatakan hal itu menyusul ditangkapnya kapal ikan KM Sunrise Glory yang menyelundupkan shabu-shabu ke perairan Indonesia.

Tindakan tegas pemerintah, kata Menteri Susi sudah sangat tepat. Mereka bukan hanya mencuri ikan tapi juga menyelundupkan narkoba. Dia juga meminta semua pihak untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam memerangi lencurian ikan.

"Mereka  itu bukan hanya  mencuri ikan,  taoi juga menyelundupkan narkoba yang bersifat transnasional atau antarnegara," kata Menteri Susi Senin (12/2/2018)

Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI A Taufiqoerrohman, menyatakan, kasus tersebut mengingatkan betapa penting menyinergikan seluruh pemangku kepentingan karena laut tidak bisa dipagari tetapi bisa dikendalikan.
Salah satu dari prasyarat kesuksesan dari sinergi antar instansi itu, ujar dia, adalah informasi akurat.

Sebelumnya, KRI Sigurot-864 menangkap kapal ikan berbendera Singapura, MV Sunrise Glory, di perairan Selat Philip, sekitar pukul 14.00 WIB Rabu (7/2).

MV Sunrise Glory berbobot mati 70 ton itu diawaki empat anak buah kapal dan nakhoda warga negara Taiwan, serta memiliki tujuan Malaysia-Taiwan.

KM Sunrise Glory merupakan kapal ikan buronan BNN yang telah dipantau sejak akhir November 2017. Kapal ikan juga buronan BNN sejak Desember 2017. Kapal itu tengah alih muatan shabu-shabu di selatan Selat Sunda.

Namun ketika itu, MV Sunrise Glory menempuh trek jauh di selatan mendekati batas luar zona ekonomi eksklusif Indonesia dan dijejaki haluannya menuju Australia yang kemudian didapat info menurunkan muatan di Australia sejumlah 1,3 ton. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya