Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

ANGKUTAN LEBARAN
Selasa, 13 Februari 2018 12:03 WIB

Ribuan Lintasan Sebidang KA Segera Ditertibkan



Bisnisnews.id -  Ratusan lintasan sebidang liar ditertibkan untuk mengurangi gangguan perjalanan dan kecelakaan warga saat arus mudik lebaran 2018. Sampai saat ini tercatat sudah 100 lokasi yang ditertibkam dengan cara ditutup.

Dirèktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan,  penertiban lintasan sebidang  liar yang dibuat masyarakat setempat bukan hanya untuk mengamankan  kelancaran arus perjalanan kereta saat musim mudik lebaran tapi juga  pada hari-hari-biasa.

"Lintasan liar yang memotong rel kereta sebenarnya kami lakukan untuk melindungi warga dari bahaya kecelakaan. Sudah banyak korbannya, kami tidak ingin ada korban lagi. Selain itu juga  agar perjalanan kereta api lancar pada angkutan lebaran maupun hari biasa,: jelas Zulfikri, Senin  (12/2/2018).

Berdasarkan data, tercatat lebih dari 1000 lintasan sebidang liar yang ada pada sepanjang jalur bebas hambatan kereta api. Lokasi lintasan liar itu umumnya berada di pemukiman pendiduk.

Sedangkan lintasan sebidang resmi dan dijaga  tercatat lebih dari 900 dari jumkahbitu adabtabg sudah ditutup Lintasan sebidang resmi yang ditutup unumnya ada diperkotaan dengan dibuatkan jalan alternatif sampai tersedianya  jalan definitip berupa  underpass atau flyover.

Dalam menertibkan lintasan sebidang ini, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub menggandeng pemerintah daerah setempat. Baik untuk lintasan sebidang resmi maupun liar.

Dari  seluruh lintasan sebidang menurut data Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mencatat di Pulau Jawa total terdapat 4.302 perlintasan sebidang. Terdiri dari 969 perlintasan dijaga, 2923 perlintasan tidak dijaga, dan 410 perlintasan liar.

Di Pulau Sumatera sendiri Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mencatat terdapat total 909 perlintasan sebidang.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan penertiban lintasan sebidang ini juga ada kaitannya dengan pembangunan proyek kereta api semi cepat Jakarta - Surabaya.

Lintasan sebidang yang dilewati  jalur kereta itu, ungkapnya akan segera ditutup.

"Dalam studi yg kita lakukan untuk kereta semi cepat Jakarta - Surabaya kita harus menyelesaikan 900 lintasan sebidang tersebut sedangkan lintasan yang liar otomatis kita hilangkan begitu saja," ujarnya.

Selain kereta api semi cepat Jakarta - Surabaya penutupan perlintasan sebidang ini juga dilakukan mendukung rencana pembangunan jalur lingkar kereta api (loopline). Dengan adanya dua program ini Menhub menyakini akan dapat mengurangi perlintasan sebidang.

Nantinya kata Menhub untuk pembangunan loopline diperlukan investasi kurang dari 10 triliun dimana pembiayaannya dilakukan secara kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Ditambahkan Menhub, rencananya pembangunan loopline ini akan dimulai pada akhir 2018. Begitupun dengan pembangunan kereta semi cepat Jakarta – Surabaya juga akan dimulai pada 2018. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya