Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

ANGKUTAN LEBARAN
Selasa, 13 Februari 2018 12:03 WIB

Ribuan Lintasan Sebidang KA Segera Ditertibkan



Bisnisnews.id -  Ratusan lintasan sebidang liar ditertibkan untuk mengurangi gangguan perjalanan dan kecelakaan warga saat arus mudik lebaran 2018. Sampai saat ini tercatat sudah 100 lokasi yang ditertibkam dengan cara ditutup.

Dirèktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan,  penertiban lintasan sebidang  liar yang dibuat masyarakat setempat bukan hanya untuk mengamankan  kelancaran arus perjalanan kereta saat musim mudik lebaran tapi juga  pada hari-hari-biasa.

"Lintasan liar yang memotong rel kereta sebenarnya kami lakukan untuk melindungi warga dari bahaya kecelakaan. Sudah banyak korbannya, kami tidak ingin ada korban lagi. Selain itu juga  agar perjalanan kereta api lancar pada angkutan lebaran maupun hari biasa,: jelas Zulfikri, Senin  (12/2/2018).

Berdasarkan data, tercatat lebih dari 1000 lintasan sebidang liar yang ada pada sepanjang jalur bebas hambatan kereta api. Lokasi lintasan liar itu umumnya berada di pemukiman pendiduk.

Sedangkan lintasan sebidang resmi dan dijaga  tercatat lebih dari 900 dari jumkahbitu adabtabg sudah ditutup Lintasan sebidang resmi yang ditutup unumnya ada diperkotaan dengan dibuatkan jalan alternatif sampai tersedianya  jalan definitip berupa  underpass atau flyover.

Dalam menertibkan lintasan sebidang ini, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub menggandeng pemerintah daerah setempat. Baik untuk lintasan sebidang resmi maupun liar.

Dari  seluruh lintasan sebidang menurut data Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mencatat di Pulau Jawa total terdapat 4.302 perlintasan sebidang. Terdiri dari 969 perlintasan dijaga, 2923 perlintasan tidak dijaga, dan 410 perlintasan liar.

Di Pulau Sumatera sendiri Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mencatat terdapat total 909 perlintasan sebidang.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan penertiban lintasan sebidang ini juga ada kaitannya dengan pembangunan proyek kereta api semi cepat Jakarta - Surabaya.

Lintasan sebidang yang dilewati  jalur kereta itu, ungkapnya akan segera ditutup.

"Dalam studi yg kita lakukan untuk kereta semi cepat Jakarta - Surabaya kita harus menyelesaikan 900 lintasan sebidang tersebut sedangkan lintasan yang liar otomatis kita hilangkan begitu saja," ujarnya.

Selain kereta api semi cepat Jakarta - Surabaya penutupan perlintasan sebidang ini juga dilakukan mendukung rencana pembangunan jalur lingkar kereta api (loopline). Dengan adanya dua program ini Menhub menyakini akan dapat mengurangi perlintasan sebidang.

Nantinya kata Menhub untuk pembangunan loopline diperlukan investasi kurang dari 10 triliun dimana pembiayaannya dilakukan secara kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Ditambahkan Menhub, rencananya pembangunan loopline ini akan dimulai pada akhir 2018. Begitupun dengan pembangunan kereta semi cepat Jakarta – Surabaya juga akan dimulai pada 2018. (Syam S)

 

Industri  -  Sabtu, 21 April 2018
PESAWAT DELAY
Berikut Penjelasan Lion Group Soal Keterlambatan Puluhan Penerbangannya

Bisnisnews.id -   Puluhan penerbangan  Lion Air Group Sabtu (21/4/201) memgalami keterlambatan  (delayed) dari dan ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan (PLM) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya