Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

AKSES
Selasa, 13 Februari 2018 23:17 WIB

Pengusaha Kuliner dan Hotel Berharap Jalur Puncak-Cianjur Segera Dibuka



Bisnisnews.id -  Para pelaku usaha berharap, jalur Puncak-Cianjur Jawa Barat segera dibuka, agar kegiatan bisnis kuliner dan penginapan kembali normal. Sejak dilakukan penutupan pendapatan terpagkas cukup besar.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Nano Indrapraja mengatakan, sedikitnya 37 pengusaha hotel, restoran, maupun lokasi wisata yang tersebar di Puncak-Cipanas, mengalami kerugian karena sepinya kunjungan.

Pendapatan yang hilang akibat sepinya pengunjung rata-rata Rp 1,5  miliar/hari. Hilangnya pendapatan itu dialami oleh pengusaha hotel, restoran maupun lembaga pendidikan hotel.

Para pengusaha, kata Nano terpaksa harus merumahkan karyawannya untuk menekan biaya  pengeluaran. Para karyawan dapat aktif kembali bekerja setelah situasi kembaki normal.

Rencana pembukaan jalur menjelang akhir pekan menjadi angin segar bagi pengusaha terkait, terlebih sentra usaha di bidang perhotelan, kuliner dan wisata dapat kembali beroperasi seperti biasanya dan wisatawan kembali meningkat.

"Kami menyambut  positif karena hingga saat ini, pengusaha di jalur utama Puncak-Cipanas, kebingungan sampai kapan jalur akan dibuka," kata Nano, Selasa (13/2/2018).

Pihaknya berharap instansi terkait segera mensosialisasikan pada pengusaha untuk mempersiapkan diri menjelang dibukanya jalur Puncak-Cipanas dengan harapan pembukaan tersebut dapat berjalan lancar karena cukup dikhawatirkan perekonomian setempat terus menurun bahkan sampai gulung tikar.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, musibah yang terjadi di Jalur Puncak sepekan yang lalu harus menjadi pelajaran bagi banyak pihak terlebih banyak aspek yang terdampak akibat musibah tersebut.

"Setelah terjadi musibah dan melihat kondisi Jalur Puncak, kabarnya sekarang ada percepatan pembangunan Puncak II. Semoga ini menjadi solusi bagi semua pihak agar roda perekomian di wilayah tersebut, dapat kembali berjalan normal,"katanya.

Dia menilai percepatan pembangunan tersebut diwacanakan akan dilakukan dalam waktu dekat karena secara tidak disadari banyak pihak mulai membutuhkan akses alternatif jika sewaktu-waktu musibah terjadi seperti saat ini.

"Nanti ada dua jalan yang bisa digunakan untuk sampai ke Cianjur dari arah Bogor atau sebaliknya dari Cianjur menuju ke Bogor dan seterusnya. Perbaikan jalan yang rusak akibat longsor di Jalur Puncak-Bogor, sudah selesai dan akan dibuka Kamis (15/2)," katanya.

Pelaksana Lapangan PT Wijayakarta, Riswandi mengatakan, kondisi area tersebut memungkinkan untuk digunakan seperti semula tanpa mengganggu proses pengerjaan perbaikan wilayah yang ambrol sedalam 18 meter di wilayah Bogor atau Cianjur tepatnya di Puncak Pass.

"Karena akan long weekend, kami usahakan jalur Puncak-Cianjur, sudah dapat gunkana Kamis. Meskipun pengerjaan masih berlanjut, dipastikan lalu lintas dan proyek tidak menganggu satu sama lain," katanya.

Saat ini pekerjaan memasuki tahap pemasangan pancang dan bronjong, proses tersebut terkendala cuaca yang cukup ekstrem karena hujan terus turun disertai kabut yang tebal di sepanjang jalur perbaikan. Melihat kondisi tersebut, ditargetkan proyek dapat diselesaikan dua hingga tiga pekan mendatang. (Antaranews/Adhitio)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya