Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

PENERBANGAN
Rabu, 14 Februari 2018 16:54 WIB

Ditjen Udara Siapkan Kolaborasi Dukung Industri Wisata



Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan,  direktoratnya tengah menyiapkan kolaborasi sektor penerbangan intuk mendukung pariwisata nasional.

Pariwisata menjadi salah satu leading sector perekonomian nasional yang dapat mendorong pergerakan 20 juta wisatawan mancanegara  pada tahun 2019.

"Kami dari sektor transportasi udara yang notabenenya adalah pintu gerbang dan sarana konektivitas antar kota, antar provinsi maupun antar pulau bagi  wisatawan domestik maupun mancanegara akan siap sedia sekuat tenaga untuk  mendukung tercapainya target tersebut dalam koridor kerjasama bidang atraction, amenity and accesibility wisata," ujar Agus Santoso, di Jakarta, Rabu (14/2/2018) dala acara Focus Group Discussion yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata.

Program 20 juta Wisman itu, ungkapnya mendapat dukungan penuh, dengan menyiapkan incrastruktir  dan membuka akses  kepada maskapai  mengangkut para wisatawan ke destinasi wisata.

Pariwisata ini merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional di samping sektor pangan, energi, maritime dan sektor kawasan industri serta KEK. Kolaborasi antara regulator dan operator penerbangan itu akan mewujudkan pertumbuhan bersama antara  industri penerbangan dan pariwisata.

Di sektor pariwisata global, penerbangan merupakan pilihan utama bagi para wisatawan dalam melakukan perjalanan. Apalagi untuk wilayah Indonesia yang merupakan kepulauan di mana pergerakan wisatawan dan masyarakat dengan cepat hanya bisa dilakukan dengan penerbangan.

"Untuk mengantisipasi hal itu kami juga telah menyiapkan dan terus melakukan pembangunan, pengembangan maupun pengecekan berulang-ulang baik dari segi infrastruktur, armada transportasi, navigasi penerbangan hingga pengelolaan sumber daya manusia dan industri-industri yang bergerak dalam bidang penerbangan yang kami sebut sebagai 4A yaitu Airport, Airlines, Air Navigation dan Aircraft Manufacturer. Hal tersebut untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pelayanan di sektor penerbangan nasional," lanjut Agus.

Sinergi dalam pengembangan konektivitas udara dalam mendukung pariwisata tersebut juga diharapkan  dapat menciptakan kemandirian bagi daerah-daerah di Indonesia sesuai  Cita ke-7 dalam program Nawacita yaitu  mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Dalam hal kolaborasi, dari unsur Authority Ditjen Perhubungan Udara saat ini banyak melakukan kerjasama luar negeri dengan membuka destinasi baru guna mendorong wisatawan asing untuk masuk ke Indonesia. Pada sisi lain Ditjen Perhubungan Udara juga memberi kemudahan akses masuk bagi pesawat asing yang merupakan pasar utama seperti China, Australia, India dan Eropa serta mendorong terbentuknya bandara internasional.

Dari unsur Airport dan Airnav, Ditjen Perhubungan Udara mendorong pengelola bandara baik UPBU, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II untuk mengembangkan fasilitas baik kapasitas terminal maupun peningkatan pelayanan pada bandara. Selain itu juga  meningkatkan fungsi sarana dan prasarana maupun pelayanan dari personil bandara dalam menyapa para pengunjung.

Pengelola bandara juga didorong untuk aktif  berkoordinasi dengan Perum LPPNPI Airnav Indonesia untuk mengupayakan penambahan rute internasional pada bandara-bandara yang menjadi favorit bagi pengunjung domestik dan asing. (Adhitio)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya