Kamis, 24 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

PELAYANAN
Rabu, 14 Februari 2018 20:27 WIB

PSC Bandara Soekarno-Hatta Disesuaikan Maret 2018


Toilet Bandara Soekarno Hatta

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II akan memberlakukan tarif baru jasa pelayanan bandara atau Passenger Service Charge (PSC), di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang mulai 1 Maret 2018.

Tarif PSC  baru yang telah disetujui Kementerian Perhubungan  melalui surat Keputusan Menteri  No. PR/303/1/1/PHB 2018 pada 18 Januari 2018 tentang PJP2U  itu masing-masing untuk terminal 3 internasional dari Rp 200 ribu naik menjadi Rp 230 ribu, domestik tetap tarif lama yaitu Rp 130 ribu.

Sedangkan terminal 2 domestik terjadi kenaikan Rp 25 ribu,  yaitu dari sebelumnya Rp 60 ribu menjadi Ro 85 ribu, untuk internasional tidak ada kenaikan yaitu Rp 150 ribu. Sementara itu PSC terminal 1 domestik naik Rp 15 ribu dari sebelumnya Rp 50 ribu menjadi Rp 65 ribu.

Kepala Bagian Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Agoes Soebagjo mengatakan, kenaikan itu sudah final setelah dilakukan pembahasan beberapa waktu lalu

"Ya memang sudah dibahas dengan berbagai pertimbangan kenaikan itu disetujui," jelas Agoes, Rabu (14/2/2018) di Jakarta.

Kenaikan tarif PSC di bandara paling sibuk di Indonesia itu terjadi setelah dua tahun. Berdasarkan data pada 2016, kenaikan PSC di masing-masing terminal sebagai berikut.

1. Terminal 1 domestik sebesar Rp 50.000 per penumpang.
2. Terminal 2 domestik sebesar Rp 60.000 per penumpang.
3. Terminal 2 Internasional sebesar Rp 150.000 per penumpang.
4. Terminal 3 domestik sebesar Rp 130 000 per penumpang.
5. Terminal 3 Internasional Rp 200.000 per penumpang.

Sekjen Inaca Tengku Burhanudin berharap kenaikan itu tidak berpengaruh terhadap tiket yang sudah dibeli calon penumpang sebelum diberlakukannya PSC.

"Yang kami tidak setuju adalah, kalau kenaikan PSC itu juga akan dikenakan kepada tiket-tiket yang sudah dibeli masyarakat," tegas Tengku.

Dari sisi maskapai, ungkap Tengku, kenaikan PSC yang mulai berlaku pada 1 Maret 2018 tentu berpengaruh kepada calon penumpang.

"Ramai sesaat, pasti. Tapi ini tetap menjadi beban. Kami berharap kenaikan ini diimbangi dengan fasilitas," jelasny. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
SINERGI BUMN
AP II dan AirNav Indonesia Tandatangani Kerjasama Jasa Kebandarudaraan

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) agau AP II bersinergi dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding . . .
Selengkapnya

 

Info Pasar  -  Rabu, 23 Mei 2018
PERDAGANGAN
harga Minyak Mentah Menurun

Bisnisnews.id - Harga minyak AS melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari tiga tahun di sesi sebelumnya. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
NAVIGASI
Bandara Kertajati Majalengka Siap Melayani Angkutan Haji

Bisnisnews.id - Sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka siap operasi. Dalam jangka pendek yang akan dilayani ialah angkutan mudik lebaran dan pelayanan haji 2018. Direktur Utama AirNav Indonesia Novie . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
MASTER
Games yang Melahirkan Seorang Utut Adianto

Bisnisnews.id – Buku pecatur legendaris Amerika Serikat, Bobby Fischer, yang berjudul My 60 Memorable Games ternyata memiliki sejarah dan cerita panjang yang melahirkan seorang atlet catur kebanggaaan Indonesia Utut Adianto.    Ada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
BOLA
Evan Dimas Berharap Kontrak Luis Milla Diperpanjang

Bisnisnews.id – Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono menjelaskan bahwa dirinya sangat mendukung Luis Milla Aspas terkait perpanjangan kontrak dirinya oleh PSSI. Seperti diketahui kontrak Milla akan habis setelah . . .
Selengkapnya