Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

PENERBANGAN
Senin, 19 Februari 2018 22:07 WIB

Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC


Bos AirAsia Group Tony Fernandes bersama Menpar Arief Yahya dalam pertemuannya, Senin (19/2/2018). Istimewa

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi pariwisata prioritas .

Usulan lain yang disampaikan kepada Menteri Pariwisata Arief Yahyah dalam kunjungannya ke Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Senin (19/2/2018) ialah agar dikembangkan terminal khusus untuk pesawat LCC di terminal 2 Bandara internasional Soekarno-Hatta Cengkareng.

Dalam pertemuan itu, Tony  mengatakan,  usulan pengembangan terminal khusus LCC  di Bandara paling sibuk di Indonesia itu,  untuk memudahkan konektivitas penerbangan internasional ke penerbangan domestik.

Menurutnya,  Indonesia kalah pertumbuhan maskapainya dibandingkan negara lain karena tidak memiliki strategi khusus untuk melayani penerbangan LCC.  “Indonesia is loosing up because they dont have an LCC strategy right now,” kata Tony yang dalam perremuan itu dirinya didampingi Direktur Utama Air Asia Indonesia, Dendy Kurniawan.

Tony juga menjelaskan bahwa kebijakan harga yang sangat murah sebagai strategi promosi utama, “Price will drive you to have a look, Indonesia is much more than Bali," jelasnya.

Dia memberi perbandingan (benchmark) dengan Thailand yang sekarang ini membuka bandara dengan  low cost terminal,  karena mayoritas maskapai  menggunakan pesawat wide body, low cost. Karena itu selain terminal 2 dia juga menyarankan Terminal 3 lama sebagai terminal khusus maskapai LCC.

 Ide utama terminal LCC, menurut Tony,  untuk memperpendek waktu transit dan memperpanjang waktu berbelanja. Hal ini diharapkan mempertinggi efektivitas waktu penerbangan sehingga bisa diperbanyak.

Sebagai benchmark bandara LCC yang baik  adalah Stansted Airport, London UK. “Kita siap untuk mengeluarkan uang banyak, karena kita membuka jalur Narita - Jakarta dan responnya sangat bagus, sementara itu kita siap membuka rute penerbangan Jakarta-India,” kata Tony. Seraya menawarkan membuat keramaian di banyak bandara di Indonesia dengan contoh Bandara Bandung di mana Air Asia sebagai pionir membuka jalur internasional Kuala Lumpur-Bandung, kemudian diikuti oleh maskapai lain.

Menyikapi usulan itu, Menpar Arief Yahya  mengaku mendukung dikembangkannya  bandara LCC di bandara prioritas Indonesia; Cengkareng (CGK) dan Denpasar (DPS) serta pengurangan airport tax bagi penumpang LCC dalam mendorong pertumbuhan maskapai penerbangan LCC.

"Kita akan dukung pengembangan LCC di Indonesia untuk mencapai target 17 juta wisman,” kata Menpar Arief Yahya didampingi staf khusus bidang konektivitas udara, Judi Rifajantoro dan Robert Waloni.

Menurut Menpar Arief, bisnis tourism, transportation, dan telecommunication (TTT) punya DNA yang mirip dengan LCC. Sama-sama bergantung pada season (musim). TTT dan LCC akan berpengaruh saat peak dan low season. Selain itu, keduanya juga sama-sama bergantung jarak, sehingga ada zonasi.

"Selain itu, LCC dan TTT sama-sama sensitif dengan harga. Makin murah meriah, makin meledak traffic-nya. Karena penerbangan murah, maka orang jadi affordable. Harga makin terjangkau oleh masyarakat. Masyarakat juga jadi terbiasa naik pesawat. Lihat saja di Terminal 1 Soekarno Hatta, penumpangnya banyak dan antre panjang," jelas Menpar. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya