Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

INVESTASI
Selasa, 20 Februari 2018 20:48 WIB

Pelindo IV Datangkan Dua Fix Crane ke Pelabuhan Merauke



Bisnisnews.id  -  PT Pelabuhan Indonesia IV datangkan dua unit Fix Crane untuk ditempatkan di Pelabuhan Merauke. Dua alat berat baru itu dijadwalkan sudah bisa dioperasikan pada minggu ke dua Maret 2018.

Perangkat asal pabrikan Hua Dong Heavy Machiner (HDHM) senilai Rp 150 miliar itu dapat menggenjot produksi bongkar muat 24 boks per jam. Dengan demikian, arus barang dari dan ke pelabuhan paling Timur itu meningkat 100 persen atau dua kali dari sebelumnya 12 boks per jam.

Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan, kehadiran unit Fix Crane, diharapkan dapat mendorong sirkulasi barang (keluar dan masuk) Pelabuhan Merauke menjadi lebih cepat.

“Selama ini, Pelabuhan Merauke hanya mengandalkan crane kapal untuk melakukan bongkar muat barang. Dengan dua  unit fix crane yang baru tiba di Pelabuhan Merauke, produktivitas bongkar muat menjadi lebih tinggi dan otomatis waktu tunggu kapal juga menjadi lebih cepat,” kata Farid.

Diakui, selama ini antrian kapal di Pelabuhan Merauke mencapai sampai empat hari. Dua alat baru itu dapat menghemat waktu bongkar maupun muat, menjadi satu hari, sehingga kapal bisa lebih cepat keluar dari area pelabuhan.

Menurutnya, dengan adanya 2 unit alat Fix crane itu juga yang akan merubah pelabuhan Merauke dari konvensional menjadi terminal peti kemas modern.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Merauke, Ayub Rizal menambahkan selama ini produktivitas bongkar muat dengan crane kapal mencapai 8 hingga 12 boks per jam. “Dengan fix crane, produktivitas bongkar muat barang dari atas kapal akan menjadi 24 boks per jam, atau bahkan bisa lebih,” ujarnya.

Pelabuhan Merauke yang terletak di Provinsi Papua ini memiliki lapangan penumpukan seluas dua hektar, dengan trafik mencapai 30 ribu TEUs per tahun. Dengan lancarnya sirkulasi barang yang dibongkar menggunakan dua alat fix crane yang baru saja didatangkan, akan memicu peningkatan trafik di lapangan penumpukan.

Selama ini, setiap minggu Pelabuhan Merauke kedatangan dua kapal pengangkut barang berupa sembako dan barang kebutuhan lainnya. Sedangkan dari Pelabuhan Merauke, kapal barang tersebut akan mengangkut beras untuk dikirim ke provinsi lainnya di Papua dan ikan beku yang dilabuhkan ke Surabaya. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya