Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

KECELAKAAN
Rabu, 21 Februari 2018 15:56 WIB

Tenggelamnya Kapal Feri, Ditjen Hubla Bungkam, DPR RI Akan Panggil



Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan masih bungkam terkait kecelakaan terbaliknya kapal feri yang mengangkut puluhan kendaraan di perairan Tanjung Api-api Sumatera Selatan Selasa (20/2/2018).

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Kayong Utara milik PT ALP yang naas  itu dikhabarkan selain membawa kendaraan juga puluhan penumpang dan delapan ABK setelah bertolak dari Tanjung Kalian, Bangka Barat.

Temggelamnya kapal yang membuat isi muatannya berupa kendaraan  tercemplung ke laut, awalnya kandas menabrak karang. Kapal tidak bisa dikendalikan, miring menumpahkan sejumlah isi muatan dan akhirnya tenggelam.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus Purnomo saat dikonfirmasi kasus kecelakaan tersebut tidak memberikan reaksi. Bahkan konfirmasi yang disampaikan melalui pesan singkat Whatsapp tidak direspon.

Namun salah seorang staf Humas Ditjen Perhubungan Laut ketika dikonfirmasikan masalah itu juga menjelaskan, keterangan resmi terkait kecelakaan sedang menunggu persetujuan pimpinan.

Kecelakaan yang diperkirakan berada pada koordinat 02’-20’-46,08’ S/104’-48’-50,46’ E menurut Kepala Seksi Keselamatan dan Patroli KSOP Pangkalbalam, Pangkal Pinang, Harlansyah, membenarkan peristiwa tersebut.

Sejak adanya laporan kecelakaan, tim KSOP Kelas 5 Muntok serta petugas dari kepolisian, TNI, dan tim SAR berada di lokasi dan mencari kemungkinan adanya korban tenggelam. Selain itu juga belum diketahui berapa banyak jumlah kendaraan yang diangkut di dalam kapal naas itu.

Seringnya kasus kecelakaan transportasi laut ini juga menyurut keprihatinan masyarakat. Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhidin M.Said menegaskan, akan segera memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan direktoratnya.

Kemenhub, ungkap Muhidin harus menjelaskan, kenapa kecelakaan transportasi seringkali terjadi. Dia bahkan mengatakan, pihak Kemenhub harus terbuka kepada publik dan jangan diam.

Terlebih sekarang ini pemerintah melalui delegasinya tengah berjuang di sidang Sub-Committee on Navigation, Communication, Search & Rescue (NCSR) ke-5 di Markas Besar International Maritime Organization (IMO) pada 19 -  23 Februari 2018 London, Inggris terkait Selat Sunda dan Selat Lombok.

"Ya katanya mengejar pengakuan sebagai poros maritim dunia, ya harus dibenahi. Kami dukung itu, makanya kecelakaan sekecil apapun itu harus dihilangkan dan dijelaskan kepada publik, agar publik yakin dan percaya" tegasnya.

Kecelakaan seperti ini, lanjutnya menambah panjang keprihatinan. "Harusnya cepat direspon dan cepat diatasi dan tidak boleh terulang," jelasnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya