Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

KECELAKAAN
Rabu, 21 Februari 2018 18:49 WIB

KN Andromeda Temukan ABK KMP Kayong Utara Yang Tenggelam



Bisnisnews.id - Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) KN Andromeda bersama petugas Search And Rescue (SAR), Rabu sore (21/2/2018) akhirnya berhasil menemukan dan mengevakuasi seorang Anak Buah Kapal (ABK) yang hilang, pasca tenggelamnya KMP Kayong Utara di perairan pelabuhan Tanjung Api-Api pada Selasa dinihari (20/2/2018) pukul 05.30 WIB.

KN Andromeda milik Distrik Navigasi Palembang sebelumnya melakukan penyisiran seputar kecelakaan dan menemukan ABK yang hilang.

Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Wisnu Wardhana mengatakan, tiga kapal Distrik Navigasi Palembang itu dikerahkan melakukan pencarian sejak adanya laporan kecelakaan. Yakni, KN Andromeda RIB Ogan dan KN Kalian.

"Sudah ditemukan dan langsung dievakuasi," jelas Wisnu dalam pesan singkatnya. Dia juga menyebutkan KN Andromeda sudah ada dilokasi sejak dikhabarkan adanya kecelakaan.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt. Jhonny R. Silalahi sebelumnya  mengatakan, untuk mengevakuasi para korban telah disiagakan dua kapal Patroli KPLP milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Palembang.

Dua kapal patroli, masing-masing KN.422 dan KN. 472 bersama dengan TNI AL Lanal Palembang, Basarnas, Polair serta anggota KPLP wilker Tanjung Api-Api KSOP Palembang melakukan peisiran untuk mencari kemungkinan masih adanya korban di laut.

Sebelumnya diberitakan bahwa kapal KM. Kayong Utara yang berlayar dari Pelabuhan Muntok menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api Palembang mengalami kandas dengan jarak 2 mil dari dermaga Pelabuhan Tanjung Api-Api ke Timur pada hari Selasa (20/2) pukul 05.30 WIB.

Kapal KM. Kayong Utara milik PT. Atosim Lampung Pelayaran membawa 12 orang penumpang (10 dewasa dan 2 anak-anak) dan 9 orang ABK (termasuk Nakhoda), mengangkut muatan kendaraan truk sedang sebanyak 8 unit, kendaraan kecil (1 unit) dan sepeda motor (2 unit).

Kapal KM. Kayong Utara berbendera Indonesia dengan ukuran 130 GT yang dinakhodai Achmad Wurry Priyoto merupakan kapal angkutan penumpang (Ro-Ro).

"Akibat kapal mengalami kandas sehingga ada kebocoran menyebabkan Kapal akhirnya tenggelam," kata Jhonny. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya