Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

INVESTASI
Kamis, 22 Februari 2018 15:52 WIB

16 Investor Amerika Diberikan Peluang Menggarap Sejumlah Proyek Transportasi


Menhub Budi, menyambut kedatangan para investor AS di kantornya. (ist)

Bisnisnews.id - 16 investor asing asal Amerikan Serikat (AS) menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di kantornya, Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2018).

Rombongan yang dibawa Konsulat Jenderal Republik Indonesia New York, AS itu, membahas potensi investasi Indonesia pada sejumlah sektor trasportasi yang menjadi 'line of business investor'.

Dalam pertemuan itu, para investor disuguhkan peluang investasi 'pilot project' Kemitraan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Kemenhub tahun 2018. Yakni, pembangunan Jalur KA Makassar – Pare Pare, pengembangan Rute Penyeberangan Ketapang – Margariri, pembangunan TOD Poris Pelawad, dan Pengembangan Bandara Komodo di Labuan Bajo.

"Indonesia sekarang aktif mengundang mitra asing untuk melakukan kerjasama investasi untuk pembangunan infrastruktur transportasi. Seperti bandara, pelabuhan laut dan jaringan kereta api, yang sekarang dikelola dan dioperasikan oleh BUMN." kata Menhub.

Kerjasama dengan Amerika, ungkap Menhub, bukan hal baru dan sudah terjadi sejak lama. Misalnya dalam dunia penerbangan, Indonesia telah mencapai penilaian Kategori 1 FAA (Federal Aviation Administration) untuk pengawasan keselamatan. Dengan kategori 1 FAA tersebut, maskapai penerbangan Indonesia mampu melayani rute penerbangan ke Amerika Serikat.

"Karena itu, kita perlu memperkuat dan mengidentifikasi bentuk kerjasama transportasi baru yang akan bermanfaat bagi Indinesia dan Amerika," ucap Menhub.

Menhub juga menjelaskan soal dua isu strategis sektor transportasi. Yaitu memperkuat konektivitas untuk menyeimbangkan pembangunan dan pengembangan sistem transportasi massal untuk daerah perkotaan.

"Dengan kebijakan strategis tersebut, Kementerian Perhubungan telah menetapkan sejumlah target dalam pengembangan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi pada tahun 2019, sekaligus berusaha untuk memberikan konektivitas yang lebih kuat bagi kepulauan Indonesia," jelasnya.

Dia juga menjelaskan soal rencana transportasi nasional, yang dikerjakan pada dua mekanisme. Yaitu, ketersediaan infrastruktur yang didukung oleh kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta (Kemitraan Publik Swasta) dan ketersediaan infrastruktur berdasarkan rencana tata ruang, ditandai dengan tingkat pertumbuhan jaringan infrastruktur transportasi.(Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya