Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

TRANSPORTASI
Minggu, 25 Februari 2018 14:36 WIB

Menhub: Banjir dan Longsor Saat Ini Agar Jadi Pelajaran Stakeholder Terkait


Dirjen KA Kemenhub Zulfikri bersama Direktur Keselamatan Edi Nursalam Sabtu pagi (24/2/2018) blusukan ke lokasi banjir yang menutupi rel antara stasiun Losari - Tanjung. Nampak keduanya saat menerobos banjiir. (Ist)

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, banjir yang menyebabkan terjadinya longsor dan luapan air sunggai pada sejumlah titik yang menutupi lintasan rel kereta api di Jawa Barat dan Jawa Tengah, bukan daerah yang sudah diidentifikasi sebelumnya.

Atas peristiwa itu Menhub mengingatkan seluruh stakeholder terkait belajar dari kejadian banjir  saat ini,  agar ke depan dapat lebih diantisipasi

Peringatan itu disampaikan Menhub Budi saat akan meninjau sejumlah lokasi banjir dan longsor di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Seperti diberitakan sebelumnya, guyuran hujan yang terjadi belakangan ini menyebabkan  perjalanan kereta api di lintas Utara dan Selatan terganggu, karena rel tertutup luapan
air  Sungai Cisanggarung sejak Jumat dini hari  (23/2/2018).

Di  lintas Utara,  luapan air hujan yang menutupi  rel kereta terjadi  antara Stasiun Losari dan Tanjung sepanjang 400 meter dengan titik terdalam 20 cm dari kepala rel. Namun kerusakan jalur tidak separah di Ciledug.

Sedangkan di lintas Selatan,  sekitar Ciledug terjadi longsor  pada penyanggah rel akibat tergerus banjir. Rel menggantung sepanjang  700 meter dan diinformasikan sejak Minggu sore (24/2/2018) satu jalur sudah bisa dilewati kereta dengan kecepatan terbatas.

 “Hari ini saya  ke sana, kita akan melihat bagaimana kerusakan yang terjadi bagaimana penyebab-penyebab itu terjadi dan saya akan menyusuri sungai itu dan menyusuri tempat-tempat kejadian (banjir) itu,” kata Menhub di Jakarta Minggu pagi (25/2/2018).

Persoalan banjir yang berdampak pada sejumlah aktivitas pelayanan transportasi di Jawa Barat dan Jawa Tengah saat ini sudah dapat diatasi. Untuk itu aktivitas pelayanan transportasi seperti kereta api sudah dapat beroperasi secara terbatas.

“Untuk banjir yang  di sekitar Cirebon perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah pada dasarnya sudah kita atasi dan kereta api sudah mulai beroperasi walaupun dengan kecepatan rendah,” ungkapnya.

Menhub berharap dengan peninjauan langsung ke lokasi banjir ini pihaknya akan segera memahami sekaligus memetakan secara jelas permasalahan yang ada. Dengan begitu selanjutnya Menhub akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan khususnya di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir maupun tanah longsor. “Longsor itu adalah menjadi masalah utama dari kereta khususnya oleh karenanya satu sisi memang kita memperkuat bagian-bagian yang berpotensi longsor, kedua kita menyiapkan tim baik dari Kementerian Perhubungan, PT KAI, Kementerian PUPR membantu kita sudah menyiapkan alat berat, material di tempat-tempat yang potensial,” jelas Menhub. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya