Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

KEAMANAN
Senin, 26 Februari 2018 12:28 WIB

Dirjen Hubla: KPLP Masih Kekurangan Armada dan SDM


Dirjen Perhububgan Laut Agus Purnomo menyerahkan potongan tumpeng HUT Ke 30 PLP kepada Direktur KPLP Jhonny Silalahi, Senin (26/2/2018) di Pangkalan PLP Kelas Utama Priok. (BN/Syam S)


Bisnisnews.id - Sebagai ujung tombak pengamanan dan penegakan bukum di laut, pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) masih kekurangan armada dan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo mengatakan, begitu  strategisnya laut,  diperlukan penjagaan  yang kuat. Bukan hanya armadanya tapi juga sumber daya manusianya (SDM).

Armada sebagai sarana  penjagaan untuk kegiatan patroli menjadi sangat penting sebagai basis penegakan hukum untuk keamanan dan keselamatan pelayaran. Saat ini total kapal patroli yang tersedia di direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP)  390 unit, jumlah itu masih belum mencukupi bila melihat luasnya wilayah perairan (laut)  Indonesia.

"Kalau melihat kebutuhan dan luasnya wilayah, memang masih kurang, " kata Dirjen Agus, disela-sela acara HUT  KPLP ke 30 di Pangkalan PLP kelas utama Tanjung Priok, Senin (26/2/2018).

Namun  saat ini, ungkap Dirjen Agus belum ada program penambahan. "Kita lihat nanti, untuk tahun ini kita belum melakukan penambahan kapal patroli," kata Agus.

Penguatan pengamanan patroli di laut,  pangkalan PLP mendapat dukungan dari Bakamla. "Kita sama-sama melakukan pengamanan dan saking dukung. Kapal patroli kita masih kurang, taou kita ada Bakamla," jelasnya.

Pembenahan terkait kinerja, lanjut Dirjen Agus akan terus  dilakukan. Di usianya  yang ke 30, eksistensinya  harus terus didorong.

"Tentunya  bukan hanya SDM tapi juga sarana dan prasarananya," jelasnya.

Terkait kinerja pangkalan, Direktur  Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Jhonny R. Silalahi mengakui masih banyak yang harus dienahi dalam mewujudkan eksistensi Pangkalan PLP. Yaitu  aspek SDM, pendanaan, dan sarana prasarana, serta korelasinya dengan situasi dan kondisi penegakkan hukum di wilayah Indonesia.

"30 tahun, usia yang cukup matang. Untuk itu, sudah seyogyanya seluruh personil PLP harus sudah mencapai level kedewasaan dalam berpikir dan bertindak supaya dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Jhonny.

Soal penguatan pengamanan, KPLP masih memerlukan tambahan kapal patroli. Bukan hanya, armadanya tapi juga SDM-nya.

Kebutuhan SDM,  ungkapnya masih kurang. Saat ini rata-rata kapal patroli hanya diisi sekitar 70 persen  personil dari kapasitas ideal. "Yang ada sekarang masih kurang," jelasnya (Syam S).
 

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya