Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

DITJEN HUBLA
Selasa, 27 Februari 2018 10:12 WIB

Pilot Project Padat Karya di Labuan Bajo, Upah Pekerja Rp 50 Ribu per Hari


Para pekerja lokal sedang membersihkan pantai untk mendapatkan upah Rp 50 Ribu per hari. (foto Ist)


Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut laksanakan program padat karya di Pelabuhan Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melibatkan 50 orang tenaga kerja dengan upah masing-masing Rp 50 ribu.

Kegiata padat karya yang berlangsung selama lima hari (27 Februari – 3 Maret 2018) tersebut diharapkan menjadi pemicu lembaga lain untuk melakukan kegiatan serupa. Dengan demikian, perekonomian warga lokal dapat terbantu sekaligus memangkas angka kemiskinan.

Terkait proyek padat karya di kawasan Timur Indonesia itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Capt. Rudiana bersama rombongan menjambangi lokasi kegiatan proyek (labuan Bajo).

Kata Rudiana, direktoratnya telah mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan program padat karya tunai tahun 2018 sebesar Rp. 275 Miliar. Rencananya, akan dilaksanakan pada 323 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut.

"Kami memastikan program padat karya tunai atau cash for work akan terus dilanjutkan sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pelaksanaan program yang berpihak kepada masyarakat kecil," ujar Rudiana, Selasa (27/2).

Padat karya di Labuan bajo, ungkapnya, merupakan pilot project Ditjen Perhubungan Laut yang melibatkan tenaga lokal dengan uoah oer hari Rp 50 ribu.

"Dengan diberikan upah harian, masyarakat akan mendapatkan penghasilan yang sesuai sekaligus juga mendidik masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah," jelasnya.

Tujuan lain kegiatan padat karya di Labuan Bajo ini juga untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Kita tahu bahwa Labuan Bajo menjadi destinasi wisata unggulan yang semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga keberadaan pelabuhan sebagai pintu gerbang utama kapal-kapal wisata yang hilir mudik mengantar wisatawan dapat terus terjaga kebersihannya," tegas Rudiana.

Catatan redaksi, Upah Minimum Regional (UMR) provinsi NTT tahun 2017 berdasarkan data sebesar Rp 1.525,000 per bulan atau rata-rata per hari yang haus diterima para pekerja di provinsi itu di atas Rp 50 ribu. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya