Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

KERJASAMA
Rabu, 28 Februari 2018 19:10 WIB

STIP dan MCT Bersinergi di Bidang Ketatalaksanaan Angkutan Laut


Ketua STIP, Capt. Sahattua P. Simatupang dan Direktur Utama PT. Pelabuhan Tegar Indonesia (PTI), Dhrubajyoti Das usai menandatangani dokumen kerjasama di Gedung Serba Guna kampus STIP Marunda Jakarta. (Ist)

Bisnisnews.id -  Marunda Center Terminal (MCT) gandeng  Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dalam Penyelenggaraan Praktek Darat Taruna dan Rekrutmen Lulusan STIP.

Perjanjian kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Ketua STIP, Capt. Sahattua P. Simatupang dan Direktur Utama PT. Pelabuhan Tegar Indonesia (PTI), Dhrubajyoti Das, Rabu (28/2/2018) di Gedung Serba Guna kampus STIP Jakarta.

Sahattua mengatakan, MCT cujup tanggap dalam memenuhi kebutuhan SDM  di masa depan.

"Dari banyak terminal yang kita gagas, Marunda Center Terminal paling cepat merespon sehingga dalam waktu singkat  kerjasama dapat diwujudkan," ungkap Sahattua.

Kerjasama ini, ungkap Sahattua cukup unik, kaewna yang disepakati adalah soal Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK). " Uniknya, kerjasama dengan MCT ini adalah untuk Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, karena biasanya sering kerjasama itu untuk Nautika dan Teknika" ujarnya.

Direktur Utama PT. Pelabuhan Tegar Indonesia (PTI), Dhrubajyoti Das, menjelaskan bahwa MCT adalah pelabuhan pertama yang dikelola sepenuhnya oleh swasta dengan perkembangan yang sangat cepat.

"Ini adalah bukti bahwa industri memberikan dukungan yang tinggi kepada kita," ungkap pria yang akrab disapa Das ini.

Das juga menjelaskan bahwa pelabuhan yang dia kelola masih baru dimana pembangunan awal selesai pada tahun 2014 dan tahap lanjutan baru selesai pada Agustus 2017, "namun infrastruktur ini bukan segalanya, kita perlu softskill, manajement skill (SDM)," jelas Das.

Menurutnya,  perjanjian ini bukan hanya masalah taruna STIP belajar (praktik) di MCT, tapi juga memberikan kontribusi yang signifikan, "selain mengajar (praktik taruna), kami juga belajar dari taruna taruni STIP yang  ada di tempat kami, bahkan kami rekrut menjadi karyawan," tambah Das. Das juga menerangkan bahwa inilah dasar pemikiran pihaknya untuk membuat kerjasama yang terstruktur dengan STIP Jakarta.

Dengan kerjasama ini Das berharap makin banyak lulusan STIP yang bekerja di MCT, "Saya berharap (lulusan STIP,red.) bisa bergabung jadi karyawan kita," pungkas Das.(Adhitio)



Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya