Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Perbankan / Berita

SINERGI
Jumat, 02 Maret 2018 11:26 WIB

Bank Muamalat Targetkan 20 Persen Pangsa Pasar Haji dan Umroh




Bisnisnews.id - Bank Muamalat garap pasar baru dengan menggandeng Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FK KBIH) untuk menggejot target peningkatan 20 persen atau 100 ribu porsi haji  dan Umroh selama 2018.

Dalam kerjasama itu, pihak Bank Muamalat memberikan fasilitas ruangan kantor untuk mendukung kegiatan FKBIH dan asosiasi-asosiasi travel haji & umrah, termask kegiatan seminar nasional di Muamalat Tower lantai 19.

Direktur Ritel Bank Muamalat, Purnomo B. Soetadi menjelaskan, fasilitas ruangan satu lantai itu dapat digunakan pihak FK KBIH dan asosiasi-asosiasi travel haji & umrah untuk menunjang aktifitas bisnis yang dijalankannya.

"Kami menyediakan One Stop Service Hajj & Umrah atau 1hram," tuturnya, saat membuka seminar nasional sekaligus meresmikan operasional ruangan kantor FK KBIH, Kamis, (2/3/2018), di Muamalat Tower Lantai 19.

Seminar yang megusung tema 'Revitalisasi Peran Pembimbing Haji Menuju Profesionalitas dan Kemandirian' menghadirkan narasumber, Prof. Dr. Nizar, MA. selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI, Dr. Sodik Mujahid, dan Direktur Bina Haji Kemenag RI, Khoirizi, S.Sos., MM.

Dijelaskan, FK KBIH bersama Pemerintah melalui Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah berkomitmen untuk mendukung rencana membangun ekosistem Haji dan Umrah yang menyeluruh dan terintegrasi.

"Kami ingin menunjukan kepada stakeholders haji & umrah bahwa Bank Muamalat merupakan bank yang memiliki solusi terpadu untuk haji & umrah. Oleh karena itu kami mendukung aktifitas dan kegiatan FK KBIH seperti kegiatan hari ini, Bank Muamalat sangat berkomitmen dalam melayani umat," tegas Purnomo.

Beberapa langkah yang akan dilakukan diantaranya, mengeluarkan surat keputusan untuk pembentukan badan usaha PT. Nusantara Manasik Wisata, dimana KH. Dr. Manarul Hidayat sebagai Ketua Umum FK KBIH menunjuk Sapto Kashariyanto sebagai Direktur Utama dan Kyai Amir Mahmudin sebagai Direktur Keuangan, yang akan membantu memfasilitasi para Jamaah maupun KBIH dan Travel Haji dan Umrah untuk mendapatkan dan menyiapkan Tiket Pesawat, Land Arrangement (LA) maupun Pengurusan Visa yang lebih aman, mudah dan terjamin,

Seluruh program kerja dan beragam aktifitas, kata Purnomo, merupakan bentuk dukungan terhadap langkah Bank Muamalat untuk membangun Marketplace bagi industri Haji dan Umrah di Indonesia sehingga dapat lebih transaparan, akuntable.

Namun yang paling penting, ungka Purnomo, mampu menghindarkan masyarakat terhadap efek negatif pengelolaan Haji dan Umrah yang tidak bertanggung jawab. Sebab, konsep One Stop Service Hajj & Umrah atau '1hram' yang sekarang dikembangkan bermitra dengan Jamkrindo/Askrindo sebagai institusi penjamin guna memberikan kepastian keberangkatan Jamaah ke Tanah Suci,

Langkah lain yang juga akan dijajaki adalah membangun komunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi terhadap perkembangan regulasi di Arab Saudi yang sangat fundamental sehingga dapat membantu harmonisasi Industri Haji dan Umrah di Indonesia, serta mendukung upaya KBIH di Pusat dan Daerah dalam melakukan peningkatan kapasitas bagi para pendamping sehingga akan lebih profesional dan Mandiri.

Seperti diketahui, pertumbuhan dana haji Bank Muamalat tercatat mencapai lebih dari Rp2,3 Triliun di tahun 2017 dengan jumlah nasabah yang melakukan porsi haji sebanyak hampir 87.000 porsi haji.

Di tahun 2018, Bank Muamalat menargetkan peningkatan 20 persen untuk pangsa pasar haji dan umrah dengan total 100 ribu porsi haji. Memfokuskan bisnis di segmen komunitas Muslim akan menjadi fokus Bank Muamalat di 2018. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya