Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

PERTAHANAN
Senin, 05 Maret 2018 20:46 WIB

Belanja Militer China Melaju Di 2018


China menghabiskan 151 miliar untuk tentaranya tahun lalu. (AFP)

Bisnisnews.id - China mengumumkan pada hari Senin 5 Maret kenaikan anggaran pertahanan sebesar 8,1 persen untuk tahun 2018.

Beijing akan mencairkan 175 miliar dolar untuk militernya, menurut sebuah laporan anggaran yang dipresentasikan sebelum sesi pembukaan Kongres Rakyat Nasional tahunan.

"Kami akan mematuhi jalur China dalam memperkuat angkatan bersenjata kami, memajukan semua aspek pelatihan militer dan kesiapsiagaan perang, dan dengan tegas melindungi kepentingan kedaulatan, keamanan, dan pembangunan nasional," Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan dalam sebuah laporan kepada legislatif.

Tetangga China dan Amerika Serikat telah menyaksikan saat Beijing telah memodernisasi militernya, mengurangi pasukan daratnya sementara belanja senjata canggih.

Li mengatakan bahwa militer telah mengurangi jumlah pasukan sebanyak 300.000 orang, sehingga tersisa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dengan kekuatan dua juta orang.

Pada saat yang sama, Beijing telah memberlakukan klaim yang semakin tegas terhadap Laut China Selatan yang diperebutkan, saat konfrontasi dengan Jepang mengenai pulau-pulau yang disengketakan di Laut Cina Timur dan dengan India di wilayah perbatasan Himalaya.

Pengeluaran 2018 naik tujuh persen dibanding tahun lalu dan 7,6 persen pada 2016. China menghabiskan 151 miliar untuk PLA tahun lalu, anggaran pertahanan terbesar kedua di dunia namun masih empat kali lipat kurang dari pengeluaran AS 603 miliar dolar, menurut Institut Internasional untuk Studi Strategis, sebuah kelompok pemikir yang berbasis di London.

Dari pemberitaan AFP, peningkatan anggaran pertahanan telah hampir sejalan dengan output ekonomi nasional China dalam beberapa tahun terakhir. Perekonomian tumbuh sebesar 6,9 persen pada 2017 dan pemerintah mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya akan menargetkan pertumbuhan sekitar 6,5 persen pada tahun 2018. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya