Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

VOKASI
Senin, 05 Maret 2018 23:53 WIB

Ditjen Hubud Kekurangan 10.585 Personil Dalam Lima Tahun




Bisnisnews.id  - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, dalam lima  tahun ke depan  direktorat yang dipimpinnya membutuhkan tambahan 10.585 personil.

Terdiri dari personil dengan kualifikasi pendidikan umum sebanyak 7.949 orang. Untuk di tahun 2018 ini saja, Ditjen Perhubungan Udara memerlukan tambahan 3.723 personil yang terdiri dari 3.048 orang.

Menurutnya, yang dimaksud pendidikan di bawah Kementerian Perhubungan adalah sekolah-sekolah khusus vokasi penerbangan yang didirikan oleh Kementerian Perhubungan. Sedangkan pendidikan umum adalah pendidikan yang dilaksanakan tidak di bawah Kementerian Perhubungan yang terdiri dari vokasi dan umum.

“Perkembangan sektor penerbangan nasional memang cukup membanggakan karena dampak lanjutan dari banyaknya penumpang  adalah banyaknya pesawat terbang, banyaknya bandar udara, banyaknya rute penerbangan, juga banyaknya operasi penerbangan akan membuka lapangan kerja yang lebih lebar di operator maupun regulator;" jelas Dirjen Agus Senin ( 5/3/2018) di Jakarta.

Personil yang butuh penambahan di antaranya, untuk jabatan administrasi, jabatan operasional dan jabatan inspektor penerbangan yang terdiri dari inspektor navigasi penerbangan, inspektor angkutan udara, inspektor keamanan penerbangan, inspektor kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara (KPPU) serta  inspektor bandar udara yang berbasis keahlian khusus vokasi.

Menurut Agus, kebutuhan penambahan personil di Ditjen Perhubungan Udara yang sangat besar itu dikarenakan lembaganya juga besar. Saat ini, Ditjen Perhubungan Udara mempunyai 5 Direktorat, 10 kantor Otoritas Bandar Udara (OBU), 151 kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) serta Balai-Balai Penerbangan yang tersebar di Indonesia.

“Ditjen Perhubungan Udara itu mempunyai fungsi melaksanakan pengaturan, pengendalian dan pengawasan penerbangan. Selain itu juga melaksanakan kegiatan keselamatan dan keamanan penerbangan pada bandar udara, melaksanakan pelayanan jasa kebandarudaraan dan jasa terkait bandar udara serta melaksanakan kegiatan ketertiban penerbangan pada bandar udara," jelasnya. (Syam S)




.

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya